Pengertian Perubahan Sosial dan Bentuk Perubahannya

perubahan sosial

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat yang meliputi perubahan dalam struktur dari suatu masyarakat, atau perubahan yang disebabkan faktor lingkungan seperti berubahnya komposisi penduduk keadaan geografis dan lain sebagainya.

Perubahan Sosial dan Bentuk Perubahannya

Perubahan sosial memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung apa yang mendasari bentuk-bentuk perubahan sosial itu sendiri. Untuk memahaminya, berikut ini adalah bentuk-bentuk perubahan sosial dalam masyarakat.

Perubahan Sosial Berdasarkan Perkembangannya

 Bentuk-bentuk perubahan sosial berdasarkan perkembangannya dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Perubahan sebagai suatu kemajuan (Progress). 

Bentuk perubahan sosial dapat dikatakan sebagai kemajuan, apabila perubahan itu membawa kemajuan atau keuntungan bagi masyarakat. Dalam hal ini, ditandai oleh adanya suatu proses pembangunan dalam masyarakat. Contoh dari perubahan yang sifatnya progres ini di antaranya: ketika jaringan listrik sudah masuk ke suatu desa, adanya sarana transportasi di suatu desa, atau masuknya sarana komunikasi modern di desa tersebut yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Rekomendasi Ngalih.id:  Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya

2. Perubahan sebagai suatu kemunduran (Regress). 

Bentuk perubahan sosial yang dianggap kemunduran ialah ketika perubahan tersebut membawa pengaruh yang kurang menguntungkan bagi masyarakat. Misalnya ketika traktor masuk desa, di mana keberadaan traktor ini justru menghilangkan kebiasaan gotong royong dalam masyarakat desa.

Perubahan Sosial Berdasarkan Lamanya

 Bentuk perubahan sosial berdasarkan lamanya dibagi dua, yaitu:

1. Perubahan secara cepat (Revolusi).

Perubahan ini terjadi sangat drastis, tidak dikehendaki atau dilakukan perencanaan sebelumnya sehingga perbedaannya dapat segera diketahui bahkan dirasakan. Revolusi ini sering kali diawali oleh adanya konflik atau ketegangan yang terjadi dalam masyarakat.

2. Perubahan secara lambat (Evolusi).

Perubahan ini terjadi dengan sangat lambat. Perubahan terjadi sedikit demi sedikit. Perubahan kecil yang satu diikuti perubahan kecil lainnya, sehingga sulit untuk dirasakan perbedaannya. Dan diperlukan penelitian untuk mengetahuinya. Contohnya, perubahan masyarakat berburu ke masyarakat meramu pada zaman prasejarah.

Rekomendasi Ngalih.id:  Bentuk-bentuk Hubungan Sosial

Perubahan Sosial Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Jika dilihat dari ruang lingkupnya, perubahan sosial dapat bedakan menjadi dua, yaitu:

1. Perubahan berpengaruh besar.

Bentuk perubahan sosial yang berpengaruh besar biasanya berdampak perubahan pada struktur kemasyarakatan, sistem mata pencaharian, hubungan kerja dan juga stratifikasi dalam masyarakat. Contohnya yaitu perubahan masyarakat agraris menjadi industrialis.

2. Perubahan berpengaruh kecil.

Bentuk perubahan sosial yang berpengaruh kecil yaitu perubahan yang terjadi pada struktur sosial, namun tidak berdampak terhadap masyarakat secara langsung. Contohnya yaitu perubahan mode pakaian, model rambut, dan lain-lain.

Perubahan Sosial Berdasarkan Keinginan Masyarakat

Bentuk perubahan sosial jika dilihat dari keinginan masyarakat dibagi menjadi dua, yaitu:

Rekomendasi Ngalih.id:  Pemahaman Filsafat Menurut Para Pakar

1. Perubahan yang dikehendaki.

Bentuk perubahan ini adalah perubahan yang tidak diinginkan oleh masyarakat, sehingga ketika terjadi, maka tidak ada suatu kepuasan dalam masyarakat.

2. Perubahan yang tidak dikehendaki.

Bentuk perubahan sosial ini adalah perubahan yang memang diinginkan atau didambakan oleh masyarakat. Oleh karena itu ketika perubahan ini terjadi, maka masyarakat akan merasa puas atau senang.

 

Pengertian Perubahan Sosial dan Bentuk Perubahannya

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *