Pemahaman Filsafat Menurut Para Pakar

Makna Filsafat

Arti filsafat telah banyak dirumuskan oleh beberapa ahli dengan menggunakan penjelasan yang berlainan di antara mereka. Walau begitu, pengertian yang dikatakan oleh banyak pakar filsafat itu dapat dikatakan betul lantaran filsafat tersebut yakni sebuah pertanyaan serta bukan pengakuan. Maknanya, dalam filsafat, penelusuran/pencarian bakal kebijakan atau ilmu dan pengetahuan itu tidak akan tuntas

Pemahaman Filsafat Menurut Para Pakar

Menurut laman lenterakecil.com, disebutkan secara semantik, arti filsafat datang dari 2 kata bahasa Yunani adalah philosophia. Kata philos mempunyai akar kata philien yang mempunyai arti menyukai, serta sophos yang bermakna bijak.

Dalam hubungan ini, kata philosophos di bahasa Yunani atau philosopher pada bahasa Inggris philosophy atau failasûf di bahasa Arab.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Seni Kontemporer Secara Umum

Lepas dari itu,semuanya, karena itu, secara harfiah, penjelasan filsafat bisa disimpulkan cinta kebijakan, cinta kearifan (love of wisdom) atau cinta pengetahuan.

Dalam skema filsafat, menyukai kebijakan atau pengetahuan itu disinyalir dengan menyoalkan suatu hal.sebuah hal. Dan untuk menjawab kadangkala butuh penilaian yang dalam, atau berbentuk yang fundamental, gawat, serius dan utuh, maka dibutuhkan pikiran dalam dengan libatkan pelbagai aspek berkaitan.

Makna Filsafat Menurut Sebagian Pakar

Berikut sebagian Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli filsafat yang cukup termashyur, antara lain:

Aristoteles (381 sM – 322 s.M) mengucapkan kalau filsafat merupakan pengetahuan yang mencakup kebenaran, yang terdapat didalamnya sejumlah ilmu, metafisika, pemikiran, ekonomi, adat, serta seni;

Rekomendasi Ngalih.id:  Terjadinya Benturan Peradaban Islam dan Barat

Al-Kindi (801 – 873), menjelaskan Filsafat yaitu pengetahuan terkait inti suatu hal dalam batasan kesiapan manusia yang mencakup pengetahuan ketuhanan, pengetahuan keesaan (wahdaniyyah), pengetahuan kelebihan (fadhilah) serta tinjauan apa saja yang berfaedah untuk kehidupan manusia.

Rene Descartes (1596-1650) mendefinsikan filsafat sebagai kelompok semua pengetahuan di mana Tuhan, alam, dan manusia jadi inti pengumpulan bukti-buktinya.

Tentunya masih ada banyak artian filsafat menurut beberapa pakar filsafat kecuali dari yang telah diutarakan di atas.Ketidaksamaan artian dan rumusan mengenai filsafat itu bisa karena:

  • berbedanya konotasi filsafat di beberapa tokoh,
  • terdapatnya ketaksamaan kepercayaan hidup yang diikuti mereka,
  • kemajuan filsafat tersebut yang menimbulkan beberapa pengetahuan pribadi pisahkan diri dari filsafat.
Rekomendasi Ngalih.id:  Penjelasan Teori dan Proses Pembentukan Sebuah Teori

 

Pemahaman Filsafat Menurut Para Pakar

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *