5 Bencana Alam di Dunia Paling Dahsyat

Bencana Alam di Dunia Paling Dahsyat

Siapapun pasti tidak ingin terjadi bencana alam di dunia. Namun, ketika alam berbicara lain dan Tuhan ‘menyetujuinya’, semuanya bisa terjadi. Manusia hanya bisa pasrah menerima. Berikut ini adalah 5 bencana alam di dunia terdahsyat yang pernah ada, yang paling hebat, dan merenggut jutaan nyawa sebagai korban.

Bencana Alam di Dunia Paling Dahsyat

Berikut ini 5 Bencana Alam Paling Dahsyat yang pernah terjadi di dunia sepanjang masa.

1. Banjir di Cina Tengah (1931)

Banjir ini menelan korban hingga 4.000.000 nyawa manusia. Setelah terjadi musim kemarau, Cina dihantam hujan badai hingga tujuh kali. Ini mengakibatkan luapan air luar biasa dengan volume yang hampir naik hingga tiga kali lipat.

Bendungan yang dibangun untuk menampung air di tiga sungai, Yangzte, Kuning, dan Huang, tidak dapat menampung luapan air. Bencana ini diamini sebagai bencana banjir paling mematikan yang pernah ada.

Rekomendasi Ngalih.id:  Bencana Alam Tanah Longsor

2. Sungai Kuning Meluap (1887)

Tercatat hingga 2 juta nyawa tewas dalam musibah banjir ini. Sebanyak 50.000 mil persegi Sungai Kuning hancur total ketika banjir terjadi. Para petani, sebenarnya, telah waspada dengan melakukan persiapan takala hujan datang, dengan membuat parit-parit kecil pada titik-titik tertentu untuk menampung luapan air hujan. Namun, hujan yang terlalu lebat dan datangnya sangat cepat melebihi daya muat parit itu.

3. Gempa Shaanxi (1556)

Total ada 830.000 penduduk tewas takala gempa menggoyang Cina. Gempa yang berpusat di lembah Sungai Wei tersebut meluluhlantakkan 97 desa seperti Henan, Shaanxi, Hebei, dan lain-lain.

Badan statistik mencatat hampir 60% penduduk yang menempati desa tersebut tewas, sedangkan 40% yang selamat kebanyakan mengungsi atau bertahan di desanya masing-masing.

Rekomendasi Ngalih.id:  Bencana Gunung Merapi dan Dampaknya

4. Badai Bhola di Pakistan (1970)

Hampir 500.000 nyawa meninggal akibat badai yang dikenal dengan sebutan badai bangladesh ini. Pada 12 November 1970, badai bhola meluluhlantakkan Pakistan Timur.

Badai yang membawa angin dengan kekuatan 115 mph ini termasuk dalam jenis badai kategori 3. Namun, badai bhola tidak hanya terjadi di darat. Masyarakat yang tinggal di pinggir laut pun terkena imbasnya. Selain badai di laut, hujan deras yang menyertai badai tersebut menyebabkan banjir di banyak daerah.

5. Topan di India (1839)

Sebanyak 300.000 manusia menjadi tumbal amukan topan ganas ini. 1839 mungkin adalah tahun yang akan selalu dikenang masyarakat India. Topan yang sangat brutal menghantam Coringa dan menghancurkan kota. Topan ini tingginya sekitar 40 kaki atau 12 meter dan menghancurkan 20.000 kapal.

Rekomendasi Ngalih.id:  Bencana Alam Banjir, Penyebab dan Dampaknya

Di balik sebuah bencana, pastilah ada sebuah rencana. Rencana ini mutlak menjadi rahasia Tuhan. Kita sebagai manusia hanya bisa menerka dan merenung, mengapa bencana ini bisa terjadi.

Apa yang telah kita perbuat sehingga alam menjadi murka. Apa yang telah kita lakukan sehingga Tuhan perlu mengingatkan kita dengan sebuah bencana alam. Apapun itu, di balik sebuah musibah, pasti akan ada sebuah berkah karena Tuhan tidak akan menguji diluar kemampuan umatnya.

 

5 Bencana Alam di Dunia Paling Dahsyat

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.