Sekilas Tentang Benua Asia

Sekilas Tentang Benua Asia

Jika ada yang bertanya benua apa yang paling besar dengan populasi penduduk terpadat, dengan suku bangsa, budaya, dan bahasa yang beragam, pastilah jawabannya adalah Benua Asia. Wilayah ini meliputi 8,6 persen dari total permukaan bumi dengan sekira 60 persen dari penduduk bumi yang tinggal di kawasan ini.

Benua Asia terkenal dengan eksotisme bentangan alam yang indah dan kaya akan suku bangsa serta budayanya yang unik. Gunung tertinggi di dunia, yaitu Mount Everest dan gunung-gunung tinggi lainnya ada di kawasan ini membuat panorama alam benua ini begitu memesona.

Sekilas Tentang Benua Asia

Benua Asia sebenarnya terhubung di daratan yang sama dengan Benua Eropa sehingga beberapa negara di perbatasan dua benua ini, seperti Turki, menjadi sulit diketahui pasti apakah termasuk Asia atau Eropa. Gabungan Asia dengan Eropa ini sering disebut sebagai kawasan Eurasia.

Letak Geografis dan Iklim Benua Asia

Jika Anda ingin menemukan koordinat Benua Asia, Anda bisa melihatnya di koordinat sekitar 15 derajat BT, 75 derajat LU, dan 11 derajat LS. Rentang koordinat yang begitu luas ini membuat Asia memiliki iklim yang sangat bervariasi. Secara geografis, Benua Asia berbatasan dengan Samudra Antlantik di sebelah utara, Samudra Hindia dan Benua Australia di bagian selatan, Benua Eropa dan laut Merah di bagian Barat, dan Samudra Pasifik di bagian timur.

Kondisi fisik Benua Asia sangat unik dan ekstrem, mulai dari kawasan dengan iklim yang sangat dingin hingga kawasan dengan iklim panas, mulai dari kawasan dengan titik tertinggi dan ada pula kawasan dengan dataran yang sangat rendah. Ada kawasan yang begitu subur, dan ada kawasan yang sangat gersang.

Jika berbicara tentang iklim benua yang sangat beragam ini, iklim muson tropis biasa ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Sementara itu, iklim subtropis ada di Asia Tengah dan Asia Timur. Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur biasa memiliki iklim gurun. Sementara, kawasan Siberia di Asia Utara biasa diselimuti iklim dingin.

Rekomendasi Ngalih.id:  Sekilas Tentang Benua Afrika

Bentang Alam Benua Asia

Benua Asia memiliki bentang alam yang unik dan beragam, menjadikannya kaya akan panorama alam yang memesona. Kawasan ini memiliki gurun, pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah.  Bisa dikatakan bentang alam Asia sangat lengkap dan semuanya memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi.

Jika berbicara tentang gurun, benua ini memiliki banyak gurun dengan keunikannya masing-masing. Gurun Gobi dinobatkan sebagai gurun paling dingin di dunia. Bayangkan, suhu udara di Gurun Gobi bisa sampai minus 40 derajat Celcius. Sementara itu, kawasan Arab terkenal dengan gurunnya yang memiliki pasir terbanyak. Cina menyumbangkan gurun dengan dataran tertinggi sekaligus terendah di dunia.

Gurun tertinggi terletak di Lembah Qaidam dengan ketinggian mencapai 2.600 di atas permukaan laut. Sementara itu, di Lembah Tupan terdapat gurun dengan dataran terendah, yaitu sekitar 150 meter di bawah permukaan laut.

Jika berbicara soal gunung, benua ini dilalui jalur gunung berapi sirkum pasifik. Ada Pegunungan Himalaya di Nepal, Pegunungan Hindukush yang terletak di antara Afghanistan dan Pakistan, Pegunungan Altay dan Kunlun yang berlokasi di Cina, Pegunungan Arakan Yoma yang berada di kawasan Asia Tenggara, Pegunungan bukit barisan dan Jaya Wijaya di negeri kita Indonesia, Pegunungan Ghat yang ada di India.

Gunung tertinggi adalah Mount Everest di Pegunungan Himalaya yang memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Sementara itu, dataran tertinggi dunia dimiliki oleh dataran tinggi Tibet di barat daya negeri Cina. Dataran-dataran tinggi lainnya adalah dataran tinggi Siberia, dataran tinggi Mongolia, dan dataran tinggi Afganistan.

Sementara itu, dataran rendah biasanya terletak di tepi sungai-sungai besar. Ada Sungai Indus di Pakistan, Sungai Gangga yang berlokasi di India, Sungai Ob di Siberia, Sungai Tigris dan Sungai Eufrat yang berada di Irak, Sungai Yang Tse dan Sungai Huang Ho yang terletak di Cina, Sungai Mekong dan Sungai Chao Praya yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Rekomendasi Ngalih.id:  Sekilas Tentang Benua Amerika

Benua Asia juga menyumbang danau-danau yang menakjubkan karena di antara mereka dinobatkan sebagai danau terluas dan danau terdalam di dunia. Danau terluas di dunia berada di beberapa wilayah mulai dari Danau Laut Kaspia yang berada di perbatasan Kazakstan, Iran, dan Turkmenistan.

Sementara, danau terdalam adalah Danau Baykal. Danau-danau besar lainnya adalah Danau Toba di Indonesia, Danau Chany di kawasan Siberia, serta Danau Lung Ting Hu, Danau Po Tang Ha, Danau Tsinghai, dan Danau Tal yang terletak di kawasan Cina.

Kekayaan Flora dan Fauna Benua Asia

Mengingat Benua Asia terletak di rentang koordinat yang luas dengan iklim yang sangat bervariasi, variasi spesies dan jenis flora dan fauna di kawasan ini juga sangat beragam. Kekayaan flora dan faunanya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta serta peneliti binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Di kawasan utara yang memiliki iklim dingin, tundra adalah jenis tumbuhan yang mendominasi. Jenis-jenis tanaman tundra itu misalnya lumut, rumput, dan pohon-pohon dengan daun jarum. Sementara itu, binatang khas kawasan ini antara lain beruang siberia, anjing laut, rusa kutub, dan rubah.

Sementara, di kawasan Asia bagian tengah biasa ditemukan stepa dan sabana mengingat curah hujan yang tidak terlalu banyak di wilayah ini.

Hal ini berlawanan dengan Asia di kawasan selatan yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak terdapat hutan hujan tropis yang lebat di sana. Hutan hujan tropis selain lebat juga memiliki keanekaragaman hayati flora dan fauna yang sangat banyak.

Namun sayang, meski memiliki flora dan fauna yang sangat kaya, banyak di antara hewan-hewan itu yang kini terancam populasinya, seperti komodo, panda, badak, harimau, beruang, gajah, dan aneka jenis burung. Perburuan liar dan perusakan alam adalah penyebab utama menipisnya jumlah populasi hewan-hewan tersebut. Tentunya manusia adalah yang paling bertanggung jawab atas itu semua.

Pembagian Wilayah Benua Asia

Saking luasnya, Benua Asia dibagi-bagi lagi ke dalam lima wilayah, yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Barat. Setiap wilayah memiliki ciri dan karakteristiknya sendiri-sendiri.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Proyeksi Peta dan Bentuknya

Kawasan Asia Tengah terdiri atas negara Kazakztan, Kirgiztan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Kawasan Asia Timur terdiri atas Cina, Hong Kong, Jepang, China, Makau, Mongolia, Korea Selatan, dan Korea Utara. Sementara itu, kawasan Asia Utara adalah Rusia.

Kawasan Asia Tenggara mungkin yang paling kita kenal karena Indonesia menjadi bagian dalam region ini. Negara-negara yang berada di kawasan ini adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam.

Sementara, yang disebut Asia Selatan adalah Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Negara-negara Arab berada di kawasan Asia Barat yang terdiri atas Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Iran, Irak, Israel, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Siprus, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.

Keunikan Benua Asia

Di atas telah disinggung bahwa Benua Asia merupakan benua terluas jika dibandingkan dengan luas benua-benua lainnya. Namun, ternyata itu hanyalah salah satu keunikannya karena kawasan ini masih memiliki keunikan-keunikan lainnya. Secara garis besar, keunikan-keunikan yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

  • Kawasan ini merupakan kawasan paling luas di dunia dengan populasi penduduk terpadat.
  • Negara-negara dengan populasi paling banyak di dunia ada di wilayah ini, seperti Cina, India, dan tentunya negara kita tercinta, Indonesia.
  • Sumber-sumber minyak bumi terbesar ada di wilayah Jazirah Arab.
  • Agama-agama kuno dan besar dunia muncul dari daratan ini, misalnya agama Kristen dan Katolik di Yerusalem, agama Islam di Arab Saudi, agama Hindu dan Budha di India, dan agama Kong Hu Cu di Cina.
  • Keajaiban-keajaiban dunia paling megah berupa bangunan-bangunan bersejarah terdapat di Benua Asia, seperti Kabah di Mekah Arab Saudi, Tembok Besar yang berada di Cina, Taj Mahal yang terletak di India, dan Candi Borobudur kebanggaan bangsa Indonesia.

 

Sekilas Tentang Benua Asia

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *