Pengertian Seni Menurut Para Ahli 

Pengertian Seni Menurut Para Ahli 

Sebagaimana konsep ilmu sosial lainnya, seni merupakan cabang ilmu yang memiliki multi tafsir. Hal ini terlihat dari banyaknya pengertian seni menurut para ahli yang mendefinisikan seni dari beragam sudut pandang. Mereka menerjemahkan seni sesuai dengan latar belakang keilmuan mereka yang melihat seni bisa masuk ke dalam berbagai disiplin ilmu.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Perbedaan pengertian seni menurut para ahli ini, tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Banyak ahli yang menerjemahkan makna seni menurut sudut pandang mereka. Meski demikian, hal ini justru menunjukkan bahwa seni memiliki keindahan yang beragam sebagaimana tentang tafsir akan seni itu sendiri yang juga beraneka ragam.

Sebab, dengan beragamnya pengertian seni menurut para ahli ini, kita bisa mengeksplorasi pemahaman seni secara mendalam. Dengan demikian, pada nantinya akan ditemukan beberapa manfaat seni bagi kepentingan manusia itu sendiri. Sehingga seni tidak hanya akan dianggap sebagai sebuah cara untuk menghibur manusia atau media pengekpresian diri semata.

Pengertian Seni

Ada beberapa pengetian seni menurut para ahli yang banyak dijadikan rujukan para pegiat seni. Diantaranya adalah pendapat yang disampaikan oleh :

Ki Hajar Dewantara: Pengertian seni menurut bapak Pendidikan Indonesia adalah semua aktivitas dan tindakan manusia yang muncul dari hidup dan perasaannya serta memiliki sifat keindahan sehingga mampu menggerakkan perasaan dan jiwa seseorang.

Prof. Drs Suwaji Bastomi: Menurutnya, seni dipandang sebagai sebuah aktivitas batiniah yang didasari adanya pengalaman estetis yang terwujud dalam bentuk yang indah. Sehingga dari perwujudan tersebut mampu menimbulkan rasa kagum serta keharuan bagi mereka yang menikmatinya. 

Drs. Sudarmadji: Seni merupakan kumpulan perwujudan batiniah serta pengalaman estetik yang diwujudkan melalui media bidang, garis, warna tekstur volume serta adanya komposisi gelap terang. 

Ensiklopedia Indonesia: Seni merupakan segala sesuatu yang berwujud atau tidak berwujud, yang mampu memunculkan sebuah keindahan sehingga semua orang yang menyaksikan atau mendengarkan akan merasa senang.

Schopernhauer: Ahli ini melihat seni dari sudut pandang seni bermusik. Menurutnya, seni merupakan semua proses penciptaan bentuk yang menyenangkan. Sehingga, semua orang akan merasa senang pada seni musik, sebab walaupun bersifat abstrak namun musik merupakan bagian dari seni. 

Eric Ariyanto: Seni merupakan aktivitas rohani atau jiwa yang diwujudkan ke dalam wujud karya sehingga mampu menggugah perasaan orang lain yang menyaksikan atau mendengarkan.

Alexander Baum Garton: Seni merupakan suatu keindahan dan seni merupakan tujuan yang positif yang mampu menyebabkan para penikmat seni bisa merasa bahagia.

Emanuel Kant: Menurut ahli tata negara ini, seni dipandang sebagai sebuah mimpi. Sebab, di dalam seni terdapat rumus yang tidak mampu diwujudkan dalam sebuah bentuk nyata

Leo Tolstoy: Seni adalah sebuah proses untuk memunculkan kembali nilai rasa seseorang dari apa yang pernah mereka alami dalam kehidupan. 

Aristoteles: Seni merupakan suatu bentuk pengungkapan dan penampilan yang tidak pernah mengalami penyimpangan dari kenyataan yang ada. Selain itu seni merupakan sebuah proses peniruan alam.

Cabang Seni

Secara garis besar, seni memiliki empat cabang yang utama. Dimana dari masing-masing cabang utama ini pada nantinya akan diturunkan menjadi beberapa jenis yang mengalami perkembangan setiap waktunya berdasarkan kemajuan kebudayaan yang dimiliki masyarakat pada masa tertentu.

Keempat cabang utama dari seni tersebut antara lain adalah :

1. Seni Musik

Cabang seni ini merupakan sebuah refleksi karya seni yang penyampaiannya menggunakan media suara. Baik melalui suara manusia yang disebut lagu, atau suara yang berasal dari berbagai alat musik.

2. Seni Gerak

Makna gerak dari sudut pandang seni adalah sebuah sikap yang berirama dan menimbulkan keindahan komposisi. Di dalam seni gerak ini, harus mencakup komponen irama, gerak, ekspresi serta penghayatan yang tercakup dalam satu kesatuan secara bersama-sama. Sebab, keempat hal tersebut merupakan kunci utama sebuah seni gerak agar bisa dikatakan indah.

Salah satu seni gerak adalah seni tari. Seni tari sendiri diartikan sebagai sebuah perwujudan pada semua tekanan emosi yang dicurahkan pada bentuk gerak anggota badan yang dilakukan secara teratur dan mengandung keselarasan antara irama dan musik pengiringnya.

3. Seni Drama

Seni drama hampir sama dengan seni tari, sebab di dalam keduanya terdapat konsep gerak. Hanya saja, pada seni drama gerak yang dilakukan merupakan gerak yang mengandung maksud atau akting. Dalam salah satu seni drama yang ada yaitu pantomim, semua proses penyampaian dialog dilakukan dengan gerak tubuh yang harus ditafsirkan secara individu oleh penikmatnya.

4. Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang bisa dilihat perwujudannya. Dalam arti, karya seni ini bisa dinikmati secara langsung dengan indra penglihatan. Seni rupa sendiri kerap dimaknai sebagai sebuah refleksi batin serta pengalaman estetis yang disampaikan dalam media garis, warna volume serta komposisi gelap terang. Contoh dari seni rupa di antarnya adalah seni lukis, puisi, seni pahat atau juga cerpen.

Fungsi Seni

Ada dua fungsi seni secara garis besar, yaitu :

Bagi kepentingan individu

Dalam kaitannya dengan individu, seni memberikan peran dalam menciptakan peradaban manusia. Selain itu, dengan adanya seni manusia bisa menumpahkan unsur emosional mereka secara positif.

Bagi kepentingan sosial

Di bidang sosial, seni mampu mewarnai beberapa kehidupan manusia, seperti terlihat dalam berbagai seni arsitektur tempat beribadah manusia. Seni juga disampaikan sebagai ajang menyampaikan pesan agama dan moral kepada manusia. Melalui seni pula, kita bisa menyampaikan pesan budi pekerti untuk menunjang proses pendidikan masyarakat.

 

Pengertian Seni Menurut Para Ahli 

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.