Perlawanan Untung Surapati Terhadap VOC

Perlawanan Untung Surapati

Perlawanan terhadap VOC di nusantara terutama disebabkan oleh ketidaksetujuan terhadap kebijakan VOC yang dianggap merendahkan harkat dan martabat bangsa. Padahal, awalnya Belanda datang ke Nusantara (Indonesia) adalah memperluas area perdagangan, menemukan daerah sumber bahan baku terutama rempah-rempah, dan penyebaran agama Kristen.

Perlawanan Untung Surapati

Untuk melancarkan aksi menguasai nusantara beserta kekayaan alamnya, Belanda menempatkan perusahaan perdagangan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebagai perpanjangan tangan pemerintah Belanda. VOC menerima mandat penuh dari parlemen Belanda untuk melakukan monopoli terhadap perdagangan dan aktivitas imperialisme di bumi Indonesia sejak tahun 1602.

VOC tak segan menerapkan politik adu domba yang menjadi sebab terjadinya perang saudara karena berebut tahta kerajaan.  Sayangnya, perlawanan tersebut bersifat kedaerahan serta sering kali pihak bangsawan sendiri mudah diadu domba sehingga pemberontakan dan perlawanan terhadap VOC tersebut mudah dipatahkan. Salah satu tokoh pejuang terhadap VOC yang terkenal adalah Untung Suropati.

Perlawanan Untung Surapati mungkin tidak segegap gempita perlawanan Pangeran Diponegoro dan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Namun Untung Surapati cukup tercatat sebagai pejuang yang gigih sepanjang sejarah. Terdapat dua versi tentang sejarah Untung Surapati, yaitu menurut Babad Kraton dan menurut catatan sejarawan. Menurut Babad Kraton adalah seorang budak perwira VOC dihukum penjara karena memiliki hubungan asmara dengan putri sang majikan.

Setelah berhasil melarikan diri dari penjara dan melakukan perlawanan sporadis beserta kelompoknya, Untung Surapati kemudian bergabung dengan keluarga kraton Kartasura dan sempat terlibat pertempuran melawan tentara VOC yang berhasil menewaskan Kapitan Tack sebelum akhirnya gugur dalam pertempuran di Bangil pada 5 November 1706.

Menurut catatan sejarawan, Untung Surapati sebenarnya berasal dari keluarga bangsawan dan sempat menjadi bagian dari tentara VOC. Namun karena pertikaiannya dengan seorang perwira Beland,a ia keluar dari ketentaraan dan bergabung dengan Kerajaan Mataram.

Sebagai hadiah telah memenangkan pertempuran di Kartasura yang menewaskan Kapitain Tack, Untung Surapati dianugerahi kerajaan yang berpusat di Pasuruan dengan gelar Adipati Aria Wiranegara. Dalam penyerbuan VOC ke Jawa Timur, Untung Surapati gugur dalam usahanya mempertahankan kerajaan Pasuruan.

 

Perlawanan Untung Surapati Terhadap VOC

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.