Pengertian CPU dan Komponen Lainnya

Pengertian CPU

Central Prosesing Unit atau biasa disebut dengan CPU adalah sebuah unit proses yang paling utama dalam sebuah perangkat komputer. CPU menjadi bagian penting dalam proses kerja komputer.

Proses kerja komputer itu sendiri adalah untuk mengendalikan seluruh kegiatan pengolahan data dimulai dari membaca data dari peralatan, mengolah data sampai pada mengeluarkan informasi data yang telah dibaca dan diolah tadi (Output). Bagian CPU sendiri terdiri atas beberapa bagian.

Bagian pertama adalah yang dikenal dengan nama Arithmetic Logical Unit atau dalam bahasa komputer disebut ALU. Tugasnya adalah melakukan proses yang menjalankan segala rutinitas yang berhubungan dengan matematika dan perbandingan secara logika.

Sementara itu, bagian lainnya biasa disebut dengan CU (Control Unit) yang bertugas untuk mengontrol semua peralatan lainnya di dalam komputer. CPU umumnya diletakkan pada Casing Komputer.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Mesin Foto Copy dan Perawatannya

Berikut adalah pengertian lengkap CPU secara keseluruhan dan hal-hal yang tersimpan dalam CPU.

Mainboard

Mainboard merupakan perangkat dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk menata letak beberapa peralatan lain yang tersimpan dalam komputer, seperti: Processor, memory, kabel hard disk, sound card, dan VGA Card. Mainboard terdiri atas beberapa jenis, antara lain AT 486 , Pentium I, Pentium II, Pentium III, pentium 4, dan yang terbaru adalah gigabyte.

Processor

Processor atau biasa juga disebut sebagai otak pemroses dan pusat yang mengontrol berbagai perangkat lain sehingga fungsi komputer dapat bekerja dengan optimal. Satuan Processor adalah MHz (Mega Hertz), yaitu satuan penghitung kecepatan dalam hal mengolah data/ informasi.

Rekomendasi Ngalih.id:  Mouse Logitech Mengedepankan Inovasi

Beberapa jenis processor juga disesuaikan dengan kebutuhan yang ada didalam komputer dan yang masih beredar di pasaran di antaranya adalah : Processor intel Pentium 1 sampai Pentium 4, Intel Core 2 duo, Dual core, dan yang paling baru adalah centrino.

Memory

Memory adalah sebuah tempat yang mampu menyimpan data tergantung seberapa besar kemampuan komputer kita yang sesuai dengan processornya. Jika kapasitas memory yang ada besar maka data yang bisa disimpan pun semakin besar.

Beberapa Jenis Memory antara lain adalah: ROM, RAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll. Memory yang umum dipakai berkapasitas mulai dari : 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, bahkan ada yang sampai 4 GB, tergantung kebutuhan si pemakai.

Rekomendasi Ngalih.id:  Multimedia Player Gratis Terbaik yang Bisa Memanjakan

Sedangkan pengertian dan fungsi utama CPU sendiri adalah mengistruksikan setiap program yang disimpan di memori sebuah komputer. Dilakukan dengan cara mengambil satu per satu instruksi yang kita inginkan dari memori utama dan melakukannya sesuai dengan perintah yang tertera dalam sebuah unit komputer.

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.