Menelaah Pengertian Energi Alternatif

Energi Alternatif

Ada beberapa pengertian energi alternatif yang berkembang saat ini. Di antaranya, menyebutkan bahwa energi alternatif merupakan istilah yang digunakan untuk semua energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Ini merujuk pada teknologi untuk menghasilkan bahan bakar selain fosil atau minyak bumi. Ini diperlukan mengingat minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.

Berdasarkan Oxford dictionary, energi alternatif sebagai energi yang digunakan dengan tujuan untuk menghentikan adanya penggunaan sumber daya alam yang ada atau adanya perusakan lingkungan. Mulai dicari ketika sumber energi yang sebelumnya dipergunakan sudah mulai langka sehingga harganya menjadi mahal, terlebih jika sumber energi tersebut habis.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Hacker dan Ruang Lingkupnya

Selain itu, isu pemanasan global disebut-sebut sebagai dampak penggunaan energi minyak bumi yang saat ini memang dijadikan sumber energi utama dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Hal tersebut memaksa kita mencari energi lain yang potensial. Energi lain inilah yang dinamakan energi alternatif.

Kriteria Energi Alternatif

Pengertian energi alternatif lainnya yaitu sumber-sumber energi pengganti sumber energi yang telah menipis ketersediaannya di alam. Contohnya, minyak bumi yang volumenya kian menipis. Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa energi alternatif yang diinginkan adalah energi alternatif yang memiliki kriteria sebagai berikut.

  • Penggunaan energi alternatif ini dapat digunakan berulang-ulang.
  • Energi alternatif yang dipilih jumlahnya sangat berlimpah di alam.
  • Pengolahannya tidak merusak alam.
  • Tidak berbahaya, aman, serta tidak menimbulkan berbagai penyakit akibat pengolahan atau penggunaan energi alternatif tersebut.
  • Tidak adanya limbah dalam bentuk apapun yang sifatnya merusak alam atau dengan kata lain energi alternatif tersebut ramah lingkungan.
Rekomendasi Ngalih.id:  Memanfaatkan Teknologi Kamera

Untuk mendapatkan energi alternatif yang memenuhi kriteria tersebut, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, dilakukanlah berbagai penelitian. Penelitian tersebut prosesnya rumit dan cukup memakan waktu. Namun, hal itu tetap diupayakan oleh berbagai negara untuk mendapatkan energi alternatif ramah lingkungan sehingga akhirnya ditemukan berbagai energi alternatif tersebut.

Pembagian Energi Alternatif

Berdasarkan upaya-upaya tersebut, saat ini, energi alternatif dibag menjadi dua golongan.

1. Energi Alternatif Sebagai Pengganti Minyak Bumi

Energi alternatif yang termasuk ke dalam golongan ini, yaitu elpiji, biofuel, hidrofuel, biomassa, biogas, biodiesel, metanol, campuran spirtus, dan sebagainya. Selain itu, kini energi alternatif sudah ada yang bersumber dari air murni, air laut, bunga matahari, gula, sampah, minyak jelantah, kompos, kotoran hewan, eceng gondok, biji jarak, alkohol, kelapa sawit, bonggol jagung, dan sebagainya.

Rekomendasi Ngalih.id:  Rekomendasi Game Di Laptop Yang Seru Dan Mudah Dimainkan!

2. Energi Pembangkit Listrik Alternatif

Pembangkit listrik alternatif didapat dari panel surya, pembangkit tenaga gelombang permukaan laut, pembangkit hidrogen, pembangkit tenaga nuklir, dan sebagainya.

 

Menelaah Pengertian Energi Alternatif

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *