Apa Itu Interaksi Manusia dan Komputer?

Interaksi Manusia dan Komputer

Istilah Interaksi Manusia dan Komputer atau IMK mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah IMK mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. Lalu, apa pengertian dari IMK? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.

Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Lalu apa saja peran manusia dalam interaksi manusia dan komputer ini?

Peran Manusia dalam IMK

Manusia memiliki peran penting dalam interaksi ini, karena tanpa Manusia komputer tidak akan bisa berfungsi semestinya. Lalu apa saja peran manusia dalam ilmu IMK ini?

Peran manusia dalam IMK meliputi:

  • Membuat agar teknologi komputer lebih berguna, bermanfaat, dan aman bagi manusia.
  • Mendesain agar sistem komputer ke depannya lebih akrab dan ramah bagi penggunanya (user friendly). Kriteria user friendly meliputi, mudah digunakan oleh pengguna komputer yang masih awam dengan komputer ataupun yang baru belajar komputer, memiliki tampilan yang bagus, mudah dipelajari, pengguna selalu merasa nyaman saat menggunakan software tersebut.
  • Sebagai pemakai komputer user diharapkan mengikuti prosedur yang telah diberikan agar tidak mengalami cedera disaat menggunakan komputer. Seperti memperhatikan posisi duduk saat berhadapan dengan komputer agar nyaman saat berada di depan komputer , memperhatikan jarak pandang antara mata dengan layar komputer agar mata tidak cepat lelah, memperhatikan posisi tangan saat memegang mouse agar tangan tidak cepat lelah dan lain-lain.

Peran Komputer dalam IMK

Selain manusia, komputer juga berperan penting dalam ilmu IMK. Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user (pengguna). Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, gambar dan memilih obyek pada layar. Sedangkan pada peralatan output untuk pengguna secara interaktif umum adalah beberapa jenis tampilan layar (user interface) serta output berupa suara.

Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa peran komputer ini bisa melakukan permintaan dari pengguna (Manusia), contohnya seperti melakukan input teks, gambar dll. Selain itu juga komputer dapat memproses output secara visual, maupun audio.

Contoh Penerapan IMK

Berikut merupakan sebagian kecil contoh dari penerapan IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) yaitu:

Penerapan IMK dalam bidang keuangan

  • Kasir yang menghitung pembelanjaan pembeli menggunakan mesin kasir modern yang sekarang sudah menggunakan “touch screen” sebagai alat input-nya.
  • Teller Bank yang menggunakan komputer untuk meng-update data nasabah seperti menabung, menarik tunai, transfer, dan sebagainya.
  • Akuntan yang mengurusi keuangan perkantoran dengan menggunakan aplikasi komputer seperti “Microsoft Excel”.

Penerapan IMK dalam bidang pendidikan

  • Mahasiswa yang melakukan interaksi input KRS (Kartu Rencana Studi) melalui Sistem Informasi Manajemen akademik.
  • Mahasiswa dan dosen yang melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan laptop dan infocus sebagai media komunikasi.
  • Orang yang mengakses Sistem Pembelajaran E-learning yang merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.

Penerapan IMK dalam bidang kedokteran

  • Penggunaan laser pada operasi medis.
  • Penggunaan Mesin rontgen untuk melihat bagian dalam tubuh.

Penerapan IMK dalam bidang keseharian

  • Orang sekarang lebih memilih alat transportasi berbasis Online, contoh sebut saja penggunaan Gojek, Grab, dan uber dan telah merajalela di indonesia.
  • Saat ini juga orang dapat membeli suatu barang tanpa datang ke toko langsung. hanya melalui online shop seseorang dapat membeli dan langsung diantar sampai tujuan.

 

Interaksi Manusia dan Komputer

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.