Tips Menyehatkan dan Mempercantik Kuku Berkuteks

Mempercantik Kuku Berkuteks

Menicure dan pedicure hingga menghias kuku dengan kuteks atau nail art biasanya dilakukan wanita di salon langganannya. Selain itu, tujuan berkuteks masih dianggap wanita untuk menutupi kukunya yang kusam sehingga tampak cantik. Di bawah ini ada tips menyehatkan dan mempercantik kuku berkuteks yang mudah dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke salon.

Tips Menyehatkan Kuku

Tips ini merupakan serangkaian menicure dan pedicure yang berlaku bagi siapa pun yang ingin menjaga kukunya tetap sehat dan cantik walaupun tanpa hiasan kuteks.

  1. Rapikanlah kuku jari tangan dan kaki dengan rutin mengguntingnya. Sebab, kuku adalah tulang yang tumbuh cepat sekitar 0,5-1,5 mm setiap minggunya dan berfungsi melindungi ujung jari agar tidak mudah terluka. Perlu diketahui, ujung jari merupakan tempat berkumpulnya syaraf.
  2. Khusus kuku jari tangan: selama 10 hingga 15 menit rendamlah jari-jari dalam air hangat yang diberi campuran garam, jeruk nipis dan minyak zaitun. Sambil pijat lembut, gunakan sikat halus untuk menggosok kuku dan kutikula.
  3. Khusus kuku jari kaki: rendamlah telapak kaki dalam air hangat yang diberi garam dan minyak zaitun selama 15 menit. Sikat perlahan dengan batu apung terutama bagian tumit agar sel-sel kulit mati berguguran.
  4. Pakai lotion (pelembab) pada telapak tangan dan kaki setelah dikeringkan dengan handuk.
  5. Gunakan daging lidah buaya seminggu sekali untuk menjaga kulit jari tangan dan kaki dari kekeringan sehingga tetap lembut dan halus. Cara ini juga untuk menjaga kutikula (pelindung kuku) tidak cepat mengelupas.
  6. Saat kuku tidak berkuteks, gunakan bawang putih yang dihaluskan dan gosok kuku jari tangan dan kaki selama 5 menit. Hal ini bertujuan agar kuku tidak mudah patah.
  7. Untuk menjaga agar kuku terlihat bersih cemerlang, gunakan belimbing wuluh atau kulit semangka dengan cara digosok-gosokkan ke kuku selama 5 menit.
Rekomendasi Ngalih.id:  Jenis Diet Paling Banyak Peminatnya

Tips Mudah Memakai Kuteks

Nah, kegiatan memakai kuteks ini juga pada umumnya diserahkan wanita saat melakukan menicure dan pedicure di salon. Tujuannya tentu saja agar kuku berkuteks terlihat rapi dan indah. Terlebih lagi sekarang jasa nail art tersedia di salon. Nail art atau mempercantik kuku dengan kuteks bisa dengan mudah dilakukan di rumah juga loh! Asalkan lakukan dahulu perawatan dasarnya yaitu menicure dan pedicure seperti di atas tadi.

Setelah itu barulah lakukan langkah di bawah ini:

  1. Oleskan seluruh pinggiran kuku dengan petroleum jelly agar tidak belepotan. Apabila masih belepotan hingga ke pinggir luar, cukup dibersihkan tisu atau kapas.
  2. Oleskan base coat pada kuku dengan tujuan melindungi kuku dari bahan kimia kuteks sekaligus membuat kuku berkuteks menjadi berkilat.
  3. Setelah base coat mengering, mulailah dengan meneteskan satu titik kuteks di tengah kuku dan di atas kutikula. Taris lurus cairan kuteks satu arah dan ratakan hingga ke pinggiran kuku.
  4. Setelah berkuteks, simpanlah botolnya di dalam kulkas agar cairan kuteks tidak mudah mengering.
  5. Bila remover (pembersih kuteks) habis, bisa menggunakan kuteks bening untuk menghapusnya.
Rekomendasi Ngalih.id:  Konsep Desain Properti Rumah Minimalis Masa Kini

Dengan mengetahui tips menyehatkan dan mempercantik kuku berkuteks tampaknya tidak perlu lagi pergi ke salon karena semuanya bisa dilakukan di rumah. Selamat mencoba!

 

Tips Menyehatkan dan Mempercantik Kuku Berkuteks

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *