Penjelasan Pengertian Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya

Banyak orang yang menganggap bahwa ada kesamaan pada pengertian seni budaya. Padahal antara seni dan budaya, memiliki dua makna yang berbeda. Dimana masing-masing memiliki parameter tersendiri, meski pun antara kedua masih memiliki keterkaitan.

Pengertian Seni Budaya

Kata budaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni buddhayah. Kata ini merupakan bentuk kata jamak dari buddhi yang berarti akal. Dengan demikian budaya dapat dimaknai sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi atau akal manusia.

Jika dilihat dari bahasa Inggris, kebudayaan disebut dengan culture yang diambil dari bahasa Latin yaitu Colere. Arti colere sendiri adalah mengolah atau mengerjakan. Dengan demikian, pengertian budaya dapat dimaknai sebagai sebuah aktivitas mengolah sebuah obyek sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Selain itu, seni budaya juga diartikan sebagai sebuah karya yang dihasilkan melalui keahlian yang luar biasa. Dimana dengan keahlian itu akan bisa menciptakan sesuatu yang memiliki keindahan tersendiri. Seni dibutuhkan sebagai sebuah kebutuhan manusia yang lebih tinggi dibandingkan dengan urutan kebutuhan yang lainnya.

Dalam pengertian seni budaya, memiliki keterkaitan langsung dengan kesejahteraan, keindahan, kebijaksanaan dan ketenteraman yang dirasakan oleh manusia. Selain itu, yang paling utama adalah bahwa seni budaya menjadi sebuah puncak proses evolusi manusia untuk menjadi semakin dekat kepada Tuhan sebagai Sang Pencipta. Itulah mengapa, seni budaya akan selalu mengalami perkembangan pada sebuah masyarakat yang memiliki kemakmuran serta kesejahteraan.

Pengertian Seni Budaya Para Ahli

Disamping pengertian seni budaya di atas ada pula definisi yang disampaikan oleh beberapa ahli. Menurut para ahli tersebut, terdapat beberapa pengertian seni budaya yang berbeda-beda. Beberapa pengertian tersebut antara lain dikemukakan oleh :

Harry Sulistianto: Seni budaya adalah sebuah keahlian dalam mewujudkan ide atau gagasan yang memiliki nilai estetika. Di dalam proses tersebut, terdapat kemampuan serta imajinasi pandangan tentang benda, suasana atau karya yang bisa memunculkan rasa indah. Dengan demikian, pada nantinya hal ini akan mewujudkan peradaban yang lebih maju.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Hutan Wisata dan Contohnya

M. Thoyibi: Pengertian seni budaya adalah sebuah pengejawantahan rasa seni yang sudah menjadi sebuah budaya. Dimana di dalamnya terkandung aspek kebudayaan, serta sudah bisa dirasakan oleh orang banyak selama perjalanan sejarah peradaban manusia.

Ida Bagus Putu Perwita: Seni budaya adalah sebuah penunjang sarana dalam pelaksanaan upacara adat

Sartono Kartodihardjo: Seni budaya adalah sebuah sistem yang koheren. Sebab, seni budaya bisa menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan hanya menunjukkan satu  bagian saja, namun bisa menggambarkan keseluruhan dari seni budaya tersebut.

Kebudayaan

Kebudayaan memiliki kaitan erat dengan masyarakat. Hal ini dikemukakan oleh beberapa ahli, dimana segala sesuatu yang ada pada sebuah masyarakat, akan ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat tersebut sendiri. Pendapat ini dikenal dengan istilah cultural determinism.

Menurut Herkovits, kebudayaan merupakan sebuah hal yang berjalan dari setiap generasi yang berasal dari generasi sebelumnya. Hal ini dikenal dengan istilah superorganic. Sementara menurut Andreas Eppink, dalam sebuah kebudayaan terkandung keseluruhan pengertian dari nilai, normal, ilmu pengetahuan dan seluruh struktur sosial religius masyarakat.

Kebudayaan merupakan sebuah komponen yang menciptakan pengaruh pada pola pikir dan pengetahuan masyarakat. Didalamnya terdapat sistem atau gagasan yang berasal dari pikiran manusia, yang berasal dari perilaku keseharian masyarakat dan bersifat abstrak. Sedangkan untuk mewujudkan kebudayaan itu sendiri, dapat dilihat dari benda benda yang diciptakan oleh manusia, sebagai makhluk yang miliki budaya, konsep perilaku serta benda yang sifatnya nyata. Dimana dari semua benda nyata tersebut, diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan semua kegiatan manusia dalam proses hidup bermasyarakat.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Seni Tari Indonesia, Kategori dan Pendukungnya

Kebudayaan sendiri terbagi menjadi tiga sistem. Yang pertama adalah sistem budaya yang sering disebut ada istiadat. Kedua sistem sosial yang merupakan sebuah rangkaian tindakan dengan manusia sebagai polanya. Dan ketiga adalah, sistem teknologi yang menjadi modal peralatan manusia untuk mengatasi semua keterbatasan yang dimiliki terkait masalah jasmaninya.

Indonesia sendiri memiliki kebudayaan nasional Indonesia. Hal ini dikemukakan oleh pakar kebudayaan Indonesia, Prof. Koentjaraningrat. Menurutnya, kebudayaan nasional Indonesia merupakan hasil karya anak bangsa yang berasal dari berbagai macam suku serta asal-usul kedaerahannya. Namun, semua budaya tersebut memiliki nilai penting dan ciri khas serta mutu yang tinggi yang mampu dijadikan sebagai sebuah identitas bagi bangsa Indonesia.

Beberapa hal yang menjadi gambaran dari kebudayaan tersebut antara lain :

Rumah Adat.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Dan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam proses pembuatan rumah, antara lain dalam hal bentuk. Hal ini disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan juga budaya yang dianut oleh masyarakat tersebut.

Alat Musik

Perbedaan alat musik yang ada di setiap daerah antara lain terwujud dalam jenis bentuk dan juga motif ragam hiasan yang ada .

Kriya Ragam

Merupakan jenis kebudayaan yang menggunakan motif tradisional yang dibuat pada media tertentu misalnya kain atau juga kayu. Batik merupakan salah satu hasil karya kriya ragam tersebut.

Properti Kesenian

Berbagai macam kebudayaan daerah yang ada merupakan sebuah proses perwujudan dari keanekaragaman pola pikir masyarakat dalam mengemukakan konsep dan gagasan yang ada.

Pakaian Daerah

Setiap daerah dan provinsi yang ada di Indonesia memiliki ciri khas salah satunya melalui pakaian daerah. Dimana setiap daerah memiliki cara berpakaian yang tidak sama antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Seni Kontemporer Secara Umum

Pengertian Seni

Seni diartikan sebagai sebuah proses pembuatan benda dan segala sesuatu yang karena keindahannya tersebut, menyebabkan orang lain yang menikmatinya menjadi merasa senang dan nyaman. Hal ini selaras dengan arti seni jika dilihat dari asal usul katanya yaitu “sani”. “Sani” sendiri diartikan jiwa yang luhur atau ketulusan jiwa. Dengan makna seni yang berhubungan dengan hati, maka seni merupakan sebuah karya yang berkaitan dengan perasaan seseorang.

Dalam sebuah seni, ada lima dasar yang menjadi sifat dasar suatu seni. Kelima sifat dasar tersebut antara lain :

1. Sifat kreatif.

Dimana seni adalah sebuah rangkaian aktivitas manusia yang selalu bertujuan untuk menciptakan sebuah karya yang belum pernah ada sebelumnya.

2. Sifat Individualistik.

Karya seni yang berhasil dibuat oleh seseorang, adalah sebuah karya yang memiliki ciri khas tertentu dan bersifat subyektif serta individu.

3. Sifat Ekspresi.

Karya seni yang memiliki nilai tinggi, proses pembuatannya haruslah memasukkan nilai ekpresif dari penciptanya. Demikian pula pada saat penilaian karya tersebut, harus dilakukan dengan melibatkan unsur perasaan dan penghayatan agar semua makna yang terkandung dalam sebuah karya seni tersebut bisa terbaca.

4. Sifat Abadi.

Seni harus bisa hidup sepanjang jaman. Seni bukan hanya sebuah karya yang memiliki nilai pada saat tertentu atau bersifat sementara.

5. Universal.

Seni harus bisa dipahami oleh semua orang tanpa harus terbatasi oleh perbedaan wilayah dan waktu. Seni harus bisa dikembangkan di seluruh dunia dan ada sepanjang jaman.

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *