Sekilas Tentang Benua Australia

Sekilas Tentang Benua Australia

Kata “Australia” berasal dari kata australis (bahasa latin) berarti selatan. Berikutnya ”Terra Australis Incugnita” dalam cerita sejarah romawi kuno mengandung arti yakni daerah atau wilayah daratan selatan yang tidak diketahui muasalnya. Negara Australia dikategorikan negara unik, sebab ia terletak di kawasan timur tetapi memiliki peradaban dan kemajuan seperti budaya belahan barat.

Sekilas Tentang Benua Australia

Ulasan artikel benua Australia menceritakan riwayat negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Seperti kemungkinan adanya perpindahan manusia melewati jembatan bawah tanah dan penyeberangan laut jarak dekat dari kawasan yang kini memang menjadi wilayah besar yang terkenal sampai sekarang sebagai Asia Tenggara.

Para pendatang pertama kali di benua ini mungkin bisa dikatakan nenek moyang dari penduduk asli Australia modern. Diceritakan pula ketika masa pendudukan penjajah bangsa Eropa pada akhir abad ke-18, mayoritas penduduk asli Australia mengandalkan kebutuhan hidupnya sehari-hari terhadap alam. Mereka pandai berburu, serta memiliki suatu tradisi lisan kuno disertai nilai-nilai spiritual mendalam dan kompleks. Semua itu dianggap sebagai bentuk penghormatan cinta tanah air dan sebuah tradisi sugesti zaman impian.

Penduduk di Kepulauan Selat Torres, dikategorikan sebagai ras Melanesia. Awal sejarahnya merupakan pekerja kebun dan pemburu juga pengumpul. Orang Eropa pertama yang melihat daratan utama Australia, sekaligus menjadi orang Eropa pertama yang menjejakkan kaki di benua Australia adalah Willem Janszoon asal Belanda.

Dia melihat pantai Semenanjung Tanjung York pada awal tahun 1606, dan menjejakkan kaki pertama kalinya pada 26 Februari di Sungai Pennefather, pantai barat Tanjung York, dekat wilayah yang kini terkenal menjadi kota Weipa. Bangsa Belanda terus mengaku bahwa seluruh seluruh pantai barat dan utara “Belanda Baru” pada abad ke-17, tetapi tidak segera mengupayakan pendudukan wilayah.

William Dampier, penjelajah Inggris Raya mendarat di tepi pantai barat-laut Australia pada 1688, kemudian meneruskan kembali tahun 1699 di tengah perjalanan pulangnya. Disusul pada tahun 1770, James Cook berlayar dan membuat peta di sepanjang pantai timur Australia, yang kemudian langsung diberi nama ”New South Wales” dan diakui keras sebagai milik negara Inggris.

Peristiwa sejarah silam dibuat replikanya di Fremantle, tepatnya negara Australia Barat pada tahun 1988 sebagai peringatan hari jadi Australia yang ke-200. Temuan James Cook ini guna menyiapkan perencanaan jalan untuk pelaksanaan sebuah koloni mahkota baru. Pembentukan suatu Koloni Mahkota New South Wales pada 26 Januari 1788, pada saat Kapten Arthur Phillip mendelegasi rombongan First Fleet ke Port Jackson. Moment bersejarah itu begitu penting sehingga diangkat menjadi hari nasional Australia. Hari berdirinya Negara Australia dan dikenal di dunia.

Wilayah Van Diemen’s Land yang kini lebih dikenali masyarakat setempat sebagai Tasmania, diduduki pada 1803. Hingga tahun 1825 menjadi suatu daerah koloni terpisah. Pada akhirnya pemerintahan Inggris Raya dengan resmi mengklaim bagian barat Australia sebagai kedaulatan miliknya tahun 1828.

Perjalanan ekspedisi penjelalajahan ini telah menghasilkan penemuan-penemuan penting yang menjadi semangat untuk menambah dan membangun koloni bagi para terhukum Inggris, sebagai ganti hilangnya daerah koloni-koloni di Amerika (yang telah merdeka pada waktu itu).

Koloni-koloni terpisah dibentuk sebagai pecahan dari New South Wales: Australia Selatan (1836), Victoria (1851), dan Queensland (1859). Pembatasan daerah teritorial Utara (1911), ketika berniat memisahkan diri dari Australia Selatan.

Australia Selatan dibentuk sebagai wilayah merdeka, sebab belum pernah menjadi tawanan koloni. Menyusul kemudian Australia barat dan Victoria juga dibentuk sebagai wilayah merdeka, tetapi setelah itu mendapat tahanan yang dikirim. Sebuah kampanye oleh pemukim New South Wales memicu berakhirnya pengangkutan tahanan ke koloni itu sekitar tahun 1848.

Ada beragam alasan yang membuat Australia dilirik sebagai tujuan wisata diantaranya memiliki kota cosmopolitan dan lanskap yang luas, beragam pemandangan indah nan menyejukkan mata, banyaknya pilihan akomodasi.

1. New South Wales

Kota Sydney menjelma sebagai kota terbesar di negara Autralia, memiliki pelabuhan yang tampak spektakuler seperti “Opera House” maupun “Sydney Harbour Bridge”. Tidak ketinggalan resto dan café yang memiliki desain yang dinamis, serta fasilitas butik perbelanjaan, dan Rocks  pelabuhan menjadi tempat wisata yang populer. Dengan naik feri menuju ke Manly dengan mudah. Ada juga  Bondi Beach, salah satu pantai yang laris dikunjungi di New South Wales.

2. Canberra

Lokasi kota Canberra yang letaknya diapit diantara kota Melbourne dan Sidney dengan jarak yang tidak begitu jauh, dianggap layak menjadi pusat ibukota, sehingga Canberra dipilih menjadi ibukota pemerintahan Australia. Ternyata Canberra yang dinobatkan menjadi ibukota merupakan hasil kompromi antara Melbourne dan Sidney yang kebetulan berambisi kuat ingin menjadi satu-satunya ibukota Australia. Tepatnya tanggal 9 Mei 1927, ibukota Australia secara resmi beralih dari kota Melbourne ke kota Canberra.

Nama Canberra diberikan oleh Lady Denman, istri Gubernur Jendral Lord Denman pada tahun 1913. Nama kota Canberra diambil dari bahasa Aborogin yang artinya ‘tempat pertemuan”.

Beragam tempat menarik seperti Taman margasatwa Tidbinbilla Nature Reserve atau melakukan kegiatan alam di sepanjang sungai Murrumbidgee, melihat seni cadas kuno suku Aborigin, dan Taman Nasional Namadgi yang merupakan warisan dunia.

3. Victoria

Tempatnya yang menarik di sekitar Sungai Murray, menjadikan Melbourne  ibukota dari wilayah Victoria yang menarik. Selain terkenal dengan seni budaya dan olahraganya. Di tempat ini sering berlangsung pertandingan dunia seperti Grand Prix maupun Australia Tenis Terbuka.

4. West Australia

Daerah ini merupakan wilayah yang sangat luas meliputi wisata beraneka ragam. Perth merupakan ibukotanya. Menjadi salah satu kota kaya yang modern hingga menarik pengunjung dari seluruh dunia. Banyak pantai-pantai yang indah yang sayang untuk dilewatkan seperti Broome, menyelam di bawah air untuk menyisir kapal karam dan melihat ikan paus, melihat terumbu karang Ningaloo Reef yang terbesar di dunia.

5. Teritorial Utara Australia

Banyak tujuan wisata menarik di Darwin sebagai kawasan Top End beriklim tropis di antaranya ada galeri seni suku Aborigin, wisata Taman Nasional Litchfield, menikmati sensasi pesiar melintasi kawanan buaya di Sungai Adelaide, ada juga suasa tropis di Mindil Beach Sunset Market, kunjungi Taman Nasional Kakudu dengan harta karun seni cadas Aborigin.

6. Tasmania

Beribukota di Hobart. Sebagai salah satu kota terbesar di Tasmania yang   arsitektur kunonya beradu padan dengan Georgia. Kota ini memiliki banyak pesona seperti kekayaan margasatwa di Pulau Flinders dan King Tasmania,  menyusuri hutan belantara Overland Track di Taman Nasional Cradle Mountain Lake St. Clair, menjajal nyali bermain arus air arung jeram di Franklin, Taman Nasional Franklin Gordon Wild Rivers serta menjelajahi air terjun Russel Falls di Taman Nasional Mount Field, yang suka memanjat tebing ada pegunungan Hazard Ranges yang terjal.

Benar-benar info yang menarik, menguak rahasia artikel benua Australia.. Kendati, masih banyak lagi tempat menarik atau daerah wisata lainnya yang belum sempat diceritakan lengkap di sini. Toh memang pada kenyataannya, Negara yang terkenal dengan sebutan “Negara Kangguru” memiliki sejumlah tempat eksotis yang sangat indah dan mempesona.

 

Sekilas Tentang Benua Australia

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.