Pengertian Seni Tradisional di Indonesia dan Nilainya

Seni Tradisional di Indonesia

Seni dari kebudayaan Indonesia sangatlah beragam, dan ini menunjukan bahwa Indonesia memiliki segudang cerita tentang berbagai macam kebudayaan yang masih sangat tradisional. Pengertian seni tradisional adalah merupakan keanekaragaman  unsur budaya yang sudah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia.

Berbicara tentang seni tradisional tentu merupakan karya seni budaya yang sangat dikagumi oleh bangsa Indonesia, karena mempunyai keunikan yang beragam.

Seni Tradisional di Indonesia

Banyak jenis seni tradisional dan itu dapat dilihat dari mulai alat gerak seperti tari-tarian dan alat-alat tiup yang berbahan tradisional sampai alat gesek. Tidak dipungkiri lagi kalau keberadaan seni kita ini sangat digemari oleh mancanegara yang tentunya akan membawa dampak positif bagi tanah air kita.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Perubahan Sosial dan Bentuk Perubahannya

Begitu banyak budaya yang dapat kita kembangkan untuk menciptakan keharmonisan bangsa yang bersosial. Contohnya saja banyak pagelaran seni yang dilakukan oleh masyarakat kita sehingga terciptanya hubungan sosial yang baik terhadap Negara lain, dan ini menunjukan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia sangatlah dipandang di mata dunia.

Nilai Seni Tradisional

Sebagai bangsa yang mempunyai banyak budaya tentu membuat kita merasa cemas dengan keanekaragaman budaya yang kita punya. Bagaimana tidak? Begitu banyaknya karya kesenian terkadang membuat kita kuatir kalau saja unsur budaya yang kita punya punah dengan seketika.

Sebagian orang beranggapan bahwa beberapa suku yang mempunyai nilai  seni itulah yang harus terlebih dahulu dikembangkan, padahal tidaklah harus demikian karena semua corak seni tradisional yang kita punya tentu mempunyai porsinya masing-masing. Maka dampak dari semua itu banyak kesenian tradisional mulai hilang atau bisa dikatakan sangat sulit untuk menemukannya.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Proyeksi Peta dan Bentuknya

Kita sebagai masyarakat Indonesia yang tumbuh diantara banyaknya budaya, haruslah bersikap adil dalam melestarikan keanekaragaman budaya dan kesenian. Dengan begitu maka kita sama-sama berjuang mengembangkan nilai-nilai sosial terhadap keanekaragaman budaya di tanah air kita ini.

Sebenarnya pengertian seni tradisional yang paling dasar adalah, dimana kita sebagai masyarakat haruslah sama-sama dalam melestarikan kesenian yang kita punya, dengan demikian secara tidak langsung kita terus memperkenalkan budaya kita kepada generasi berikutnya.

Sangat disayangkan sekali terhadap pihak-pihak pemerintah yang kurang perhatiannya dalam memberikan fasilitas yang memadai bagi para seniman untuk terus berkarya. Seharusnya pemerintah memberikan dukungan agar dapat mengangkat harkat dan martabat para seniman tersebut. Maka dengan demikian para seniman inilah yang akan terus memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia tercinta ini.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Seni Menurut Para Ahli 

Berbanggalah kita sebagai masyarakat yang melihat para seniman profesional yang terus giat dalam menggeluti berbagai macam seni. Dengan begitu pengertian seni tradisional akan terus luas maknanya bagi generasi berikutnya, sehingga kesenian yang kita punya tetap terjaga kelestariannya.

 

Pengertian Seni Tradisional di Indonesia dan Nilainya

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *