Pengertian Seni Rupa dan Perannya Dalam Masyarakat

Pengertian Seni Rupa

Pengertian seni rupa itu sebenarnya harus diuraikan secara per kata, di mana seni memiliki pengertiannya sendiri, dan jika disambungkan sebagai seni rupa juga memiliki arti yang berbeda. Pengertian seni rupa ini seringkali menjadi pembahasan di dalam pelajaran pendidikan seni rupa yang sudah kita dapatkan sejak duduk di bangku sekolah.

Pengertian Seni Rupa

Seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya). Atau seni juga bisa diartikan sebagai karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa seperti lukisan, ukiran, atau tari.

Sedangkan pengertian seni rupa itu sendiri adalah kesenian yang berhubungan dengan seni pahat dan seni patung. Karena pembatasan ini, akhirnya orang-orang yang bergerak di bidang seni rupa kebanyakan bekerja sebagai pemahat, pembuat patung, atau pelukis.

Dengan pengertian di atas maka bisa dikatakan pengertian seni rupa lebih mengarah kepada cabang seni dari bidang kesenian secara keseluruhan, di mana seni rupa tersebut mengkhususkan diri pada seni-seni yang bisa ditangkap langsung oleh mata, dan dapat dirasakan dengan proses perabaan.

Seni rupa tidak hanya terdiri dari seni patung, seni lukis, atau seni pahat saja. Drama dan tari juga bisa dikategorikan ke dalam seni rupa karena tarian dan drama bisa dinikmati oleh pandangan mata dan bisa kita rasakan secara langsung kehadiran seni tersebut.

Pembagian dan Bidang Seni Rupa

Di dalam perkembangannya, seni rupa itu ternyata mengalami perluasan pemahaman, di mana ruang lingkup seni rupa yang sesungguhnya menjadi semakin luas. Teknologi komputer dan multimedia membuat perkembangan seni rupa ikut mengalami kemajuan dalam teknik pembuatan berbagai seni rupa.

Rekomendasi Ngalih.id:  Mengenal Pengertian Seni Musik

Oleh karena itu pula, akhirnya bidang seni rupa dibedakan menjadi tiga kelompok kategori, yaitu seni rupa murni, seni rupa kriya, dan seni rupa dalam bentuk desain. Secara lengkap, pembagian bidang dalam seni rupa, yaitu:

  • Seni rupa murni terdiri dari seni grafis, seni patung, seni keramik, seni film, seni koreografi, seni lukis, seni instalasi, seni pertunjukan, dan seni fotografi.
  • Seni rupa dalam bidang desain, yaitu seni rupa yang berupa desain produk, desain interior, desain busana, desain grafis, dan arsitektur.
  • Seni kriya antara lain kriya tekstil, kriya kayu, kriya keramik, dan kriyak rotan.

Dari ketiga bidang yang terbagi tadi, maka akan tercipta berbagai seni yang jelas memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri-sendiri. Masing-masing bidang seni rupa tersebut akan mengkhususkan dirinya pada karya seni yang memiliki tujuan tersendiri dari para pekerja seni yang bekerja di bidang tersebut.

Seni Murni dalam Pengertian Seni Rupa

Seni murni dikenal mengkhususkan dirinya pada penciptaan suatu karya seni dengan tujuan untuk menikmati kepuasaan akan karya seni itu sendiri. Artinya, baik dari seniman yang menghasilkan karya tersebut maupun penikmat karya seni akan merasakan kepuasan batin tersendiri dalam mengapresiasi seni rupa yang disajikan dihadapan mereka.

Seni murni ini biasanya menciptakan berbagai karya seni yang didasarkan pada pengekspresian jiwa senimannya. Lihat saja karya-karya seni murni, seperti seni lukis, seni patung, atau bentuk seni rupa lainnya rata-rata lebih berdasarkan pada pencitraan diri senimannya sendiri, yang dituangkan ke dalam karya seni rupa yang mereka hasilkan.

Dari pengertian seni rupa di atas, sudah kita ketahui bahwa semua karya seni yang dapat dinikmati oleh mata dan dapat diraba termasuk dalam bidang seni rupa. Hal ini membuat bidang seni desain pun termasuk di dalam seni rupa.

Rekomendasi Ngalih.id:  Arti Kata Ngalih

Hampir semua benda dan bangunan yang ada di sekitar kita merupakan hasil dari karya seni desain, di mana di dalam pembuatan karya seni desain tersebut dibutuhkan suatu bidang keilmuan tertentu yang mendukung terciptanya karya seni desain tersebut.

Di zaman modern ini, sudah sangat banyak karya seni desain yang bisa dibuat dengan menggunakan teknologi komputer sehingga mampu menciptakan karya-karya seni desain yang bermutu tinggi. Walau sebenarnya karya seni desain dengan cara manual yang menggunakan kepiawaian tangan dalam menggambar juga memiliki keunikan serta nilai seni tersendiri.

Cabang-cabang seni yang terdapat di dalam karya seni rupa bidang desain ini dapat dikelompokkan lagi menjadi:

  • Desain produk termasuk cabang dari seni rupa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai benda dan peralatan yang menunjang kegiatan dan kehidupan, seperti berbagai perabotan, alat tulis dan kantor, perhiasan, sepatu, mainan anak, berbagai kerajinan dan cenderamata atau produk-produk lain yang dapat dinikmati dan berguna di dalam kehidupan manusia.
  • Desain grafis atau yang dikenal juga dengan nama desain komunikasi visual merupakan bagian dari pengertian seni rupa secara utuh. Bidang ini merupakan bagian yang bertujuan sebagai sarana promosi, seni dalam bentuk cetak, serta digunakan pula dalam industri penerbitan buku.
  • Desain interior dan desain arsitektur hasil dari karyanya bisa dinikmati oleh pandangan mata yang menikmatinya. Hasil karya desain interior dan arsitektur yang bisa kita nikmati terlihat pada penampilan bangunan yang artistik. Bahkan penataan dapur, ruangan di dalam rumah, dan gedung membutuhkan keahlian di bidang seni yang satu ini.
Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Sitologi Dalam Biologi

Peranan Seni dalam Masyarakat

Memang jika dilihat kembali pengertian seni rupa yang merupakan suatu cabang dari seni ini seolah-olah membuat peran seni rupa hanyalah sebagian kecil saja dari keseluruhan seni murni yang dapat diciptakan. Padahal, seni rupa ini memegang peranan yang sangat besar di dalam kehidupan masyarakat di mana hampir semua peralatan, perabotan bahkan perlengkapan yang kita gunakan di dalam kehidupan kita rata-rata merupakan produk hasil dari seni rupa.

Bayangkan saja, apa jadinya kehidupan manusia secara umum jika seni rupa ini tidak pernah ditemukan? Mungkin saat ini kita tidak akan mengenal kursi makan di mana kita bisa menikmati makanan kita dengan nyaman.

Atau mungkin, kita masih tidur beralaskan tanah karena belum ada seni keramik yang menciptakan berbagai jenis keramik yang menjadi lantai rumah kita. Tidak hanya itu saja, seni arsitektur yang juga termasuk di dalam pengertian rupa sesungguhnya mungkin tidak akan pernah menemukan berbagai bentuk dan desain bangunan rumah.

Seni rupa, mau tidak mau memegang peranan dan fungsi yang sangat besar dalam memudahkan kehidupan manusia. Bahkan jika seni desain tidak ditemukan, mungkin mobil yang saat ini kita gunakan hanya berbentuk seperti sebuah gerobak tanpa ada interior desain yang menarik.

Pengertian seni rupa ini tidak hanya bagi para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Masyarakat umum pun seharusnya juga mengenal dan mengetahui pengertian seni rupa yang sesungguhnya. Sehingga dalam penerapan di kehidupan nyata, akan ada lebih banyak masyarakat lagi yang menghargai hasil seni rupa di dalam kehidupannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Pengertian Seni Rupa dan Perannya Dalam Masyarakat

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *