Pengertian Bandwidth dalam Internet

Pengertian Bandwidth

Pernahkah Anda mendengar kata ini. Jika Anda akrab dengan internet pasti Anda pernah mendengar kata “bandwidth”. Pengertian bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah informasi yang dapat dikirim melalui sambungan internet. Bandwidth biasanya dihitung bit per detik atau megabits per detik, dinyatakan sebagai kbit/s atau Mbit/s.

Bandwidth diukur kotor, jumlah data yang ditransfer dalam periode waktu tertentu dinyatakan dalam tingkat, tanpa mempertimbangkan kualitas dari sinyal itu sendiri.

Pengertian Bandwidth paling akrab bagi konsumen karena digunakan oleh perusahaan hosting atau penyelia layanan internet. Bandwidth digunakan oleh perusahaan-perusahaan web hosting, yaitu sebagai ukuran jumlah data yang ditransfer dalam satu bulan, tapi tidak sepenuhnya benar. Pengukuran ini lebih tepat disebut transfer data, tapi penggunaan bandwidth oleh perusahan hosting begitu meluas dan diterima oleh masyarakat umum.

Pengertian bandwidth juga kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan detik. Dikenal juga dengan perbedaan atau interval antara batas teratas dan terbawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi. Satuan Hertz digunakan dalam sirkuit analog dan satuan detik digunakan dalam satuan digital.

Samakah Bandwidth dengan Kecepatan?

Selama ini, kebanyakan dari kita memahami kalau bandwidth dengan kecepatan itu sama. Bandwidth dengan kecepatan itu berbeda. Penjelasan mudahnya adalah sebagai berikut.

Informasi dialirkan melalui berbagai media. Misalnya, kita memakai kabel sebagai media tersebut. Informasi dialirkan melalui media kabel tersebut. Karena informasi “dialirkan” melalui kabel, kita dapat mengasumsikan kabel tersebut sebagai pipa tempat informasi disalurkan.

Bandwidth disini adalah kemampuan maksimum pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik. Sedangkan kecepatan adalah jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu (misalnya, dalam satu detik). Semakin lebar bandwidth yang ada, semakin besar data yang akan dilewatkan.

Jika Anda belum memahami informasi tersebut, berikut mungkin pengertian bandiwdth yang lebih mudah. Analogikan bandwidth adalah sebuah jalan yang dilewati kendaraan secara bersama-sama.

Bagaimana jika kendaraan yang lewat sama banyak? Tentu gerakan akan menjadi lebih lambat. Apa yang ada di pikiran kita agar kendaraan yang padat dapat bergerak lebih cepat? Tentu caranya antara lain memperlebar jalan.

Rekomendasi Ngalih.id:  Perbedaan antara Laptop, Notebook dan Netbook

Kita perlu mengetahui besarnya bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP (Internet Service Provider) untuk mengetahui kemampuan ISP dalam mentransfer data. Itulah pengertian bandwidth secara sederhana.

Dalam bandwidth dikenal istilah kbps, mbps, atau gbps. Cara untuk menyebutkan nilai bandwidth dalam dunia telekomunikasi, yaitu dengan bps (bit per second), bisa juga dengan kbps (kilo bit per second), mbps (mega bit per second), gbps (giga bit per second).

Dalam dunia hosting, kita diberikan jatah bandwidth setiap bulan, tergantung seberapa banyak kita mau mengelurkan uang. Habisnya bandwidth ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload.

Makin banyak kita melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah bandwidth yang diberikan. Macam-macam bandwidth yang sering dijumpai adalah sebagai berikut.

1. Paket dedicated rasio 1:1

Paket tersebut berarti bandwidth yang kita peroleh menjadi hak penuh pengguna dan tidak dibagi dengan pelanggan lain. Misalnya, kita berlangganan internet dedicated 512 kbps 1:1, itu menjadi hak penuh satu pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain.

2. Paket dedicated rasio 1:2

Dalam paket ini bandwidth dipake secara “keroyokan”. Contohnya, seorang pelanggan berlangganan internet dedicated 512 kbps 1:2, maka bandwidth 512 kbps tersebut dipakai secara bersamaan oleh dua pelanggan. Dua pelanggan tersebut bersaing dalam menggunakan bandwidth 512 kbps tersebut. Semakin besar pembagiannya semakin menurun bandwidth yang diperoleh, tapi semakin murah harganya.

3. Paket burstable atau Up to

Sejumlah bandwidth dengan ukuran tertentu bisa dibagi untuk banyak pelanggan. Misalnya, paket Up to 1 mbps. Satu pelanggan bisa memperoleh bandwidth sampai satu mega bit per second, tetapi biasanya tidak ada garansi minimal bandwidth yang diperoleh.

Apakah Pengertian Bandwidth dan Data Transfer Sama?

Ada perbedaan mendasar antara pengertian bandwidth dan data transfer. Bandwidth menunjukkan volume data yang dapat ditransfer per detik. Sedangkan data transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website Anda. Pengertian mudahnya jumlah data yang dikeluarkan oleh server untuk website Anda, diukur dalam byte (atau kilobyte, megabyte, gigabyte).

Rekomendasi Ngalih.id:  Menelaah Pengertian Energi Alternatif

Jika bandwidth yang disediakan cukup besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya.

Hal tersebut tidak membuat data transfer menjadi lebih besar karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website Anda (termasuk gambar, video, audio, dll). Jika angka pengunjung makin besar, maka makin besar jumlah data yang ditransfer dari website tersebut dan makin besar pula data transfernya.

Bagimana Cara Menghitung Bandwidth yang Sebenarnya?

Bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik. Rumus dari bandwidth, yaitu  sebagai berikut.

Bandwidth = Sbits/s.

Sbits adalah bits per second sedangkan “s” adalah second. Misalnya, kita menggunakan telkom speedy (328 Kbps) untuk mendownload file sebesar 64KB (kilo bytes), seharusnya bisa didownload dalam waktu sekedip mata atau satu detik, tetapi setelah diukur ternyata memerlukan waktu 4 detik.

Jadi, jika ukuran file yang didownload adalah 64 kb, sedangkan waktu downloadnya adalah 4 detik, maka bandwidth yang sebenarnya atau bisa kita sebut sebagai throughput adalah 64 kb / 4 detik = 16 kbps.

Apa Pengertian Bandwidth Controller?

Bandwidth controller bertujuan untuk mengatur untuk pemakaian internet, agar semua komputer yang pada satu jaringan yang sama mendapat bagian yang sama pula. Bandwidth controller biasanya ada di perkantoran yang menggunkan satu jaringan internet yang sama, tetapi dibagi untuk beberapa pemakaian.

Bila di sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer dan menggunakan jaringan internet yang sama, maka jika tidak ada bandwidth controller, pemakaian internet pada setiap komputer tidak merata.

Jika sebuah komputer sedang melakukan donwload file dengan ukuran yang besar, maka bandwidth akan beralih kepada komputer yang sedang mendownload tersebut, sementara komputer yang lain bandwidthnya akan melemah (drop).

Rekomendasi Ngalih.id:  Prinsip Dasar Bioteknologi

Jadi, pengertian bandwidth controller adalah software yang digunakan untuk mengontrol atau membagi bandwidth sesuai kebutuhan pengguna koneksi internet.

Pemakaian software bandwidth controller sangat dianjurkan karena dengan cara ini Anda dapat membagi bandwidth internet ke seluruh komputer dengan bagian sama besar, sehingga cocok digunakan dalam usaha warnet atau diperkantoran. Beberapa orang memahami bandwidth controller adalah server padahal hal tersebut berbeda sama sekali.

Server bertugas hanya sebagai pintu yang membuka atau menutup jalur antara provider dengan komputer lainnya (client). Server dapat memblok sebuah komputer client agar tidak terhubung dengan internet, server juga dapat menutup sebuah jalur akses sebuah situs ke komputer client, sehingga client tersebut tidak dapat membuka situs tersebut. Server tidak dapat membagi bandwidth.

Software ini dapat dikatakan sebagai software pembatas bagi komputer lain atau justru memberikan prioritas bagi komputer lain agar dapat mengakses data internet dengan baik. Software tersebut juga dapat melakukan pembatasan atau membagi kecepatan trafik di dalam jaringan bahkan dapat membatasi kecepatan maksimum bagi komputer lain yang dianggap terlalu banyak menggunakan data trafik.

Bandwidth controller secara mudah mengatur beberapa kecepatan maksimum dari beberapa komputer untuk mendownload atau mengupload secara realtime di setiap komputer atau grup komputer. Baik sebuah komputer atau grup komputer dapat dibatasi kecepatan mendownload (mengunduh) atau mengupload (mengunggah) melalui computer server.

Software ini cukup dipasangkan pada komputer server, tidak perlu dipasang pada semua komputer client. Cara demikian memungkinkan seorang staff IT mengurangi kecepatan internet dari satu buah komputer tanpa campur tangan si pemakai komputer. Hal tersebut bermanfaat bila dalam sebuah jaringan network terdapat seorang staff yang terlalu sibuk mendownload dan mengambil trafik data internet, sehingga mengganggu pekerjaan lain yang lebih membutuhkan.

Itulah pengertian bandwidth, semoga informasi ini dapat dijadikan tambahan informasi dan menambah wawasan Anda mengenai dunia IT. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *