Pengertian dan Sejarah Thanksgiving

Sejarah Thanksgiving

Pengertian Thanksgiving secara umum adalah perayaan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang dilakukan oleh masyarakat Amerika Serikat dan Kanada. Sehingga pada saat Thanksgiving ditetapkan sebagai hari libur nasional agar masyarakat dapat merayakan dengan gembira.

Perayaan Thanksgiving

Perayaan Thanksgiving identik dengan acara makan bersama seluruh anggota keluarga yang akrab dengan hidangan utama yaitu kalkun. Selain itu, kalkun kerap dihidangkan dengan makanan dari tanaman khas musim gugur, seperti pai labu dan lain sebagainya.

Saat makan kalkun bersama keluarga ini biasanya juga diisi dengan ungkapan rasa syukur masing-masing anggota keluarga atas hal-hal baik yang terjadi pada mereka. Selain itu, beberapa komunitas juga menjadikan Thanksgiving sebagai ajang untuk membantu untuk berbuat kebaikan dan membantu sesama.

Rekomendasi Ngalih.id:  Kedatangan Bangsa Portugis dan Spanyol ke Nusantara

Sejarah Thanksgiving

Sejarah perayaan thaksgiving konon berasal dari imigran Inggris yang mengungsi ke Amerika pada abad ke tujuh belas. Awalnya, para imigran tersebut menghadapi masa-masa sulit ketika beradaptasi dengan lingkungan Amerika utara yang lebih dingin dari asalnya. Akan tetapi, dua penduduk asli Indian membantu para imigran tersebut untuk menyesuaikan lingkungan dengan bertani dan bercocok tanam.

Ketika musim panen di bulan Oktober mendapatkan hasil yang berlimpah, maka mereka membuat perayaan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Oleh karena itu, ada yang menyebutkan bahwa perayaan panen di bulan Oktober ini menjadi Thanksgiving pertama.

Namun, terdapat versi lain tentang perayaan Thanksgiving pertama kali dirayakan. Thanksgiving terjadi pada tahun selanjutnya di mana para imigran tersebut kembali sulit beradaptasi dengan lingkungan karena terlalu bergantung pada dua orang penduduk lokal (Indian) yang menolong mereka pada tahun sebelumnya.

Rekomendasi Ngalih.id:  Perlawanan Sultan Agung Hanyokrokusumo Terhadap VOC

Pada saat itu, pemimpin mereka meminta mereka untuk berpuasa dan berdoa. Lalu, hujan pun turun di daerah tersebut dan menyelamatkan hasil panen mereka. Waktu itu adalah minggu akhir di bulan November yang pada akhirnya ditetapkan sebagai hari Thanksgiving oleh masyarakat Amerika Serikat.

Thanksgiving baru dirayakan secara menyeluruh di Amerika Serikat maupun Kanada dalam waktu yang tetap mulai abad ke-19. Perayaan ini pun mulai dijadikan sebagai hari libur nasional di kedua negara tersebut.

Namun, kedua negara ini memiliki waktu yang berbeda dalam merayakan peringatan ini. Waktunya yaitu Senin kedua bulan Oktober di Kanada dan Selasa keempat November di Amerika.

Selain Kanada dan Amerika, Thanksgiving juga dirayakan di Liberia, Grenada, Santa Lucia dan Norfolk Island. Bahkan di New York ada sebuah festival yang disebut Macy’s Thanksgiving Day Parade. Parade ini sangat meriah dan penuh suka cita karena sekaligus menandakan bahwa musim natal telah tiba.

Rekomendasi Ngalih.id:  Perlawanan Pangeran Diponegoro Terhadap VOC

 

Pengertian dan Sejarah Thanksgiving

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *