Mengenal Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Tidak sedikit orang yang menyukai seni musik. Selain lantunan nada-nadanya yang enak didengar, seni musik pun mampu menenangkan hati para pendengarnya.

Pengertian Seni Musik

Pengertian seni musik amatlah luas. Seni merupakan hasil ungkapan rasa sedih, keindahan, gembira, dan lain sebagainya. Wujud seni pun dapat berupa lukisan, pahatan, grafis, tari, musik, dan lain-lain.

Sedangkan musik adalah bunyi atau kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indra pendengar. Bunyi tersebut pada umumnya dihasilkan oleh alat musik atau media pendukungnya. Seni musik dapat diartikan sebagai suatu wujud karya dalam bentuk nada, serta memiliki tempo yang dapat diikuti oleh penikmatnya.

Unsur bunyi merupakan elemen utama dalam seni musik. Unsur lainnya berupa melodi, harmoni, dan notasi. Sedangkan media seni musik adalah instrumen dan vokal. Bunyi yang dihasilkan pun bermacam-macam. Keanekaragaman alat musik merupakan warna indah yang menggugah penikmatnya.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Seni Kontemporer Secara Umum

Pengelompokan Alat Musik

Alat musik ada yang dipetik, ditiup, digesek, dan lain-lain yang termasuk ke dalam alat musik modern dan tradisional. Jenis alat musik modern atau Barat antara lain musik elektronik, saksofon, piano, gitar, flute, drum, dan terompet. Sedangkan jenis alat musik tradisional di antaranya meliputi angklung, rebana, kecapi, gambang kromong, seruling, gamelan, dan arumba serta kolintang.

Aliran Musik 

Ketika memikirkan pengertian seni musik, yang ada dibenak kita pastilah sebuah lantunan melodi-melodi indah yang dihasilkan dari beberapa alat musik dan membentuk harmonisasi yang indah. Aliran yang dibawakan pun berbeda-beda, seperti jazz, country, pop, rock serta klasik.

Kualitas Musik

Ketika kita menikmati seni musik, tingkat kenyamanannya pun berbeda-beda. Jika yang membawakannya adalah seorang yang berpengalaman serta memiliki kualitas ilmu yang baik, seperti pemahaman pengetahuan musik yang mencakup melodi, harmoni, dan notasi musik, maka akan terdengar begitu indah.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Ekosistem Hutan dan Ancaman Kerusakannya di Indonesia

Kecerdasan musikal dan jiwa seni yang tinggi pun akan memungkinkan seseorang mampu beradaptasi secara cepat dengan perangkat musik. Sehingga para penikmatnya pun akan betah untuk berlama-lama menyaksikannya.

Namun jika sebaliknya, tak sedikit orang yang merasa cepat bosan dengan penampilannya itu. Faktor selera pun menjadi salah satu faktor utama yang digunakan para penilai seni dalam menilai suatu karya.

Musik sebagai Media Komunikasi

Seni musik dapat dijadikan sebagai media penyampaian pesan. Jika Anda merasa sedih atau bahagia, Anda dapat mengekpresikannya dengan bermusik. Tak jarang, musik dijadikan sebagai media apresiasi diri terhadap realita yang ada. Sindiran terhadap individu maupun kelompok terntu misalnya, bahkan menyindir jalannya suatu pemerintahan atau kepemimpinan.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pemahaman Filsafat Menurut Para Pakar

Penataan musik yang baik akan membantu keberhasilan Anda dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Oleh karena itu, diperlukan pemaknaan artikulasi penataan musik terhadap cara penyampaian makna agar dapat dipahami penonton.

Dengan demikian, makna penataan musik akan semakin mudah dimengerti dan dapat menjadi media komunikasi antara penata musik dengan penghayatnya. Seni musik memang memiliki daya tarik tersendiri yang mengundang siapa saja untuk hanyut dalam irama-iramanya.

 

Mengenal Pengertian Seni Musik

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *