Mengenal Mouse Komputer dan Perkembangannya

Mouse Komputer

Bug, begitulah awalnya mouse komputer disebut oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute (1963). Mouse merupakan salah satu aksesoris komputer yang wajib di miliki, walaupun laptop memiliki mouse pad, tanpa mouse akan memakan waktu yang lebih lama dalam pengoperasian komputer.

Berbagai Jenis Mouse

Sampai saat ini mouse dapat dibagi dalam beberapa jenis :

Mouse bola

Mouse ini menggunakan bola kecil di dalamnya yang bisa berputar ke semua arah dan di deteksi oleh sensor di dalam tubuh mouse. Track ball adalah pengembangan mouse dari tipe ini. Track ball merupakan jenis mouse yang menggerakkan bola dengan jari. Mouse bola harus sering di bersihkan karena debu akan mudah menempel pada bola di dalam mouse, yang akan mempengaruhi kinerja mouse.

Mouse optical

Mouse ini menggunakan LED dan photo diode untuk merekam pergerakan mouse. Mouse jenis ini tidak memerlukan perawatan yang lebih dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Mouse laser

Mouse jenis ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan menggunakan laser sebagai pengganti LED. Mouse ini jarang di gunakan karena harganya yang mahal.

Mouse  memiliki satu sampai tiga tombol di badannya. Yang banyak beredar sekarang adalah mouse dengan dua tombol kiri dan kanan, dengan tambahan satu roda di tengahnya yang memiliki fungsi untuk menggeser halaman ke atas atau ke bawah.

Mouse  wireless juga telah banyak di pakai oleh masyarakat, mouse tanpa kabel ini menggunakan teknologi seperti gelombang radio, infra red, dan Bluetooth.

Perkembangan Mouse

Pada perkembangan mouse optic, terdapat banyak kasus kelainan jaringan pada tangan akibat radiasi yang dipancarkan oleh mouse jenis ini. Karena radiasinya memiliki tingkat yang lebih tinggi dari radiasi handphone. Beberapa perusahaan sudah tidak lagi menggunakan mouse jenis ini. Radiasi ini akan sangat berbahaya jika pengguna memegang mouse secara terus menerus.

Jadi, solusinya adalah jangan selalu memegang mouse. Tapi berbagai perusahaan pembuat mouse saat ini sudah melengkapi pelindung radiasi pada mouse yang di buatnya.

Microsoft juga mengembangkan jenis mouse yang memiliki scroll ke samping. Untuk para pengguna excel, yang memiliki dokumen melebar ke samping mungkin akan sangat membantu karena tidak lagi menggunakan scroll di layarnya.

Jadi, kita tunggu saja jenis mouse macam apa yang akan muncul di masa-masa yang akan datang.

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.