Pura Tirta Empul Tampak Siring Bali

Pura Tirta Empul Tampak Siring Bali

Pura Tirta Empul Tampak Siring merupakan sebuah pura Hindu yang berada di desa Manukaya, kecamatan Tampak Siring, kabupaten Gianyar, Bali. Diperkirakan keberadaan Pura Tirta Empul sudah ada sekitar tahun 926 Masehi, pada masa dinasti Warmadewa. Pura ini merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi karena arsitektur yang unik serta adanya mata air dalam area pura.

Dibandingkan dengan pura Hindu di Bali yang lain, dalam area pura terdapat pada mata air alami yang diberi nama Tirta Empul dan digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu untuk permandian menyucikan diri serta memohon tirta suci. Dewa yang di puja di Pura Tirta Empul adalah dewa Indra.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pura Lempuyang Luhur Karangasem Bali

Inilah suasana Pura Tirta Empul Tampak Siring Bali yang diliput oleh Ziuma TV

Tidak jauh dari Pura Tirta Empul Tampak Siring,  terdapat istana kepresidenan Tampak Siring yang dibangun oleh presiden pertama Indonesia, IR Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali.

Pembangunan istana kepresidenan Tampaksiring di lakukan secara perlahan-lahan dan bertahap mulai dari tahun 1957 hingga 1960. Arsitek yang mendesain istana kepresidenan adalah RM Soedarsono. Wisma Merdeka dan wisma Yudistira merupakan bangunan awal yang ada dalam komplek istana.

Inilah Spot Foto Menarik di Hidden Canyon Beji Guwang jangan lupa kunjungi juga.

Nah, jika ke Bali jangan lupakan 2 tempat ini untuk dikunjungi yaitu Pura Tirta Empul Tampak Siring dan Istana Tampak Siring Bali

Rekomendasi Ngalih.id:  Spot Foto Menarik di Hidden Canyon Beji Guwang

 

Pura Tirta Empul Tampak Siring Bali

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.