Mengenal Tanaman Bungur dengan Bunga Mirip Sakura

Tanaman Bungur dengan Bunga Mirip Sakura

Pohon bungur (Lagerstroemia Speciosa) merupakan salah jenis tanaman hias dengan bunga berwarna merah muda yang indah, sekilas mirip dengan bunga sakura. Bunga Bungur sering kali dikenal dengan nama ketangi di Indonesia.

Pohon Bungur tergolong kedalam tipe Crepe Myrtle dengan batang bulat dan berwarna coklat muda serta memiliki daun tunggal berwarna hijau  berbentuk oval, elips dan memanjang dengan panjang maksimal 28 cm dan dengan lebar 12 cm.

Pohon Bungur dewasa bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 30 m. Selain sebagai tanaman hias, Bungur ternyata banyak dimanfaatkan juga sebagai tanaman obat oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Berikut penampakan langsung dari Ziuma TV

Kajian Botani Tumbuhan Bungur

Tumbuhan Bungur (Lagerstroemia speciosa) merupakan pohon sedang dengan akar tunggang bulat serabut banyak, batang simpodial arah tumbuh keata berwarna coklat, daun memanjang tata letak berseling, bunga majemuk berbatas, dan buah sejati tunggal kering tipe berbelah banyak. Kedudukan tumbuhan Bungur (Lagerstroemia speciosa) dalam taksonomi, sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Myrtales
  • Famili : Lythraceae
  • Genus  : Lagerstroemia
  • Spesies : Lagerstroemia speciosa
Rekomendasi Ngalih.id:  Fenomena Unik, Ratusan Burung Bangau Datang Saat Bajak Sawah

Morfologi pohon Bungur (Lagerstroemia speciosa) tingginya berkisaran 10- 30 m dengan batang berbentuk bulat berwarna coklat muda, sedangkan diameter batangnya bisa mencapai 150 cm, tetapi pada umumnya tinggi pohon 25-30 m dan diameter batangnya 60-80 cm.

Batang bulat berwarna coklat muda biasanya agak bengkok tetapi pada tempat-tempat tumbuh yang baik batang tumbuh lurus beralur agak dalam dan percabangannya dimulai dari bagian pangkal.

Daun Bungur (Lagerstroemia speciosa) berdaun tungggal dan bertangkai pendek, helaian daun berbentuk oval atau memanjang dan tekstur daun seperti kertas, panjang daun berkisaran 9-28 cm dan lebar mencapai 4- 12 cm berwarna hijau tua.

Morfologi bunga Bungur majemuk berwarna ungu dan tersusun dalam malai yang panjangnya 10- 15 cm, bunga terletak dari ketiak daun atau ujung ranting. Bungur berbunga 2 kali dalam setahun yaitu akhir November- Desember dan bulan Mei- Juni tetapi bias dijumpai di luar bulan tersebut karena mengkondisikan pada saat musim penghujan.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pura Lempuyang Luhur Karangasem Bali

Buah Bungur berbentuk bulat seperti biji dengan panjang 1,8- 2,5 cm diameternya 1,5- 2 cm, ujung buah runcing seperti jarum dengan panjang 0,3 mm. buah saat muda berwarna hijau namun apabila sudah tua berwarna coklat, buah ini masak memerlukan waktu 3- 4 bulan.

Mungkin ini menarik: Fenomena Unik, Ratusan Burung Bangau Datang Saat Bajak Sawah

Tumbuhan Bungur banyak digunakan masyarakat sebagai kayu bakar, pondok, dan pagar ternak. Bagian yang digunakan adalah batang karena batang tumbuhan Bungur yang berukuran besar, kuat dan panjang sehingga cocok untuk diolah sesuai keperluan.

Tanaman Bungur juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias di kota, karena tanaman ini mempunyai bunga yang menarik, tajuk yang rimbun dan mudah untuk ditanam.

Rekomendasi Ngalih.id:  Spot Foto Menarik di Hidden Canyon Beji Guwang

Selain itu bagian-bagian tanaman antara lain daun dapat digunakan untuk penyakit kulit, bubur daunnya untuk obat malaria, rebusan daun tua dan buah masak untuk obat diabetes, sedangkan kulit batang untuk obat diare.

 

Tanaman Bungur dengan Bunga Mirip Sakura

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.