Multimedia Player Gratis Terbaik yang Bisa Memanjakan

Multimedia Player Gratis

Dulu, mencari multimedia player yang bisa dipakai untuk beberapa macam tujuan sekaligus merupakan hal yang sangat sulit untuk ditemukan. Jika berhasil ditemukan aplikasinya bukan merupakan aplikasi gratisan sehingga pengguna harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun untuk saat ini kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan mudah bahkan tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk mengunduh dan menggunakannya.

Padahal sebelumnya ketika ingin menggunakan perangkat atau software tersebut, maka harus menyiapkan beberapa aplikasi atau program secara terpisah misalnya untuk memutar file atau data MP3, file MPEG, video Quicktime, streaming media, DVD, CD dan sebagainya. Namun sejak pemunculan WMP atau Microsoft Windows Media Player, semua media tersebut dapat dimainkan melalui satu jenis player dan perangkat saja.

Media Player Classic Home Cinema

Salah satu perangkat multimedia yang bisa dipakai untuk memainkan beberapa file sekaligus adalah Media Player Classic. Perangkat ini bisa diunduh secara gratis di situs yang beralamat di mpc-hc.org dan beberapa web pengunduhan software lainnya.

Program ini sangat dikenal oleh pemakai komputer dan multimedia sebab proses instalasi dan teknik penggunaannya sangat mudah dilakukan. Selain itu, fitur-fiturnya juga terbilang sangat lengkap dan canggih.

Beberapa waktu yang lalu pengembangan aplikasi ini sempat terhenti. Tapi sekarang proyek tersebut telah berjalan lagi dan sebagai penggantinya dimunculkan sebuah aplikasi baru yang diberi nama Media Player Classic Home Cinema.

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, aplikasi ini merupakan suatu program yang punya ukuran sangat kecil tapi mempunyai berbagai macam fitur yang sangat luas. Misalnya codec yang fungsinya adalah untuk memainkan atau membuka file dengan format MP3, DVD, file Ogg, dan MPEG1 hingga MPEG4. Selain itu juga dapat dipakai memainkan Real Player yang diinstal pada komputer dan file berbentuk Quick Time.

Bahkan sekarang perangkat multimedia player ini sudah dilengkapi dengan paket codec yang berfungsi untuk membuka segala macam bentuk format file multimedia. Selain itu masih ada kelebihan lain yang dimiliki, misalnya beberapa fungsi tambahan seperti fitur yang berfungsi sebagai penghapus tearing serta dukungan untuk membuat rekaman acara di televisi, jika TV tersebut sudah dilengkapi dengan TV tuner.

Kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi ini hanya satu saja, yaitu hanya dapat digunakan pada komputer berbasis Windows saja. Jadi para pemakai komputer dan laptop yang memakai OS atau sistem operasi selain Windows tidak bisa menginstalnya.

VLC Media Player

Aplikasi multimedia player gratis selanjutnya yang tidak kalah terkenal bernama VLC Player yang alamat bisa diunduh di situs videolan.org. Perangkat ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada platform yang berlainan karena bersifat portabel. Selain itu VLV Media tidak hanya bisa diaplikasikan pada sistem OS Windows saja, namun juga Linux dan Macintosh.

Tampilannya terlihat sangat sporty dengan menu yang begitu bagus namun terlihat sederhana. Toolbar yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhkan pemakainya. Bukan itu saja, VLC Media Player juga dilengkapi dengan sebuah fitur yang dinamakan hotkeys. Melalui fitur ini penggunaan aplikasi tersebut sangat mudah dijalankan.

Kelebihan lainnya, VLC juga mempunyai fungsi lain yang sangat penting, yaitu memperbaiki beberapa jenis konten yang mengalami kerusakan. Kemudian ada lagi fitur khusus yang bisa dipakai untuk membuka file subtile dalam berbagai macam format.

Hal yang tidak kalah penting, dapat pula difungsikan sebagai perekam, pengambil snapshot atau mengasih lingkaran maupun bingkai di frame. Selain itu, VLC Media Player juga dapat dipakai guna memutar file secara streaming dan sangat bagus untuk memutar film atau musik yang disimpan dalam cakram DVD.

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat banyak penyuka film lebih memilih aplikasi ini dibanding yang lain. Apalagi mengingat apabila alat ini tidak membutuhkan codec tambahan lagi untuk membuka file yang ingin dinikmati atau dilihat.

Pot Player

Pot Player merupakan perangkat multimedia gratis yang bisa diunduh melalui situs resminya di potplayer.daum.net. Software ini merupakan alat guna memainkan multimedia yang sangat kuat dan intuitif dan dipasarkan serta dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yaitu Daum melalui KMPlayer.

Perangkat ini juga sangat mudah dijalankan sekaligus mampu memunculkan audio dan video dengan sempurna. Bahkan ada sebagian pemakai yang menyebutnya dengan nama KMPlayer Redux sebab sistem operasinya bisa berjalan dengan fleksibel dan selalu dalam kondisi stabil.

Secara umum semua fitur yang disediakan Pot Player hampir sama dengan KMPlayer namun Pot Player lebih sering mengeluarkan versi terbaru dan rajin update. Saat ini perangkat multi media ini sudah dibuat dalam versi baru yang menggunakan bahasa Inggris.

Jumlah versinya ada dua, yaitu versi 64 bit dan 86 bit. Keduanya sama-sama memiliki kualitas yang sangat bagus dan dilengkapi dengan berbagai macam dukungan dan format. Yang lebih menggembirakan lagi adalah, terdapat fitur lain yang berfungsi sebagai pengatur konfigurasi termasuk video dan built in codec audio. Sehingga semua jenis format media bisa dimainkan oleh perangkat tersebut.

Satu hal lagi, Pot Player juga memiliki antar muka yang sangat ramping sekaligus sederhana. Jadi tidak membutuhkan space yang terlalu tinggi. Dan yang lebih penting lagi, sistem dalam pencarian data videonya terletak pada tiap-tiap tingkatan dan hasil yang dimunculkan terlihat lebih jernih.

Fitur menarik lainnya adalah fitur yang dapat difungsikan untuk segala macam format audio dan video, webcam serta TV baik dalam bentuk digital atau analog. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur untuk membuat rekamam file yang sedang dijalankan, siaran televisi secara live dan dukungan lain untuk Reclock, EVR, HR atau Mad VR dan auto resume pada data dan file yang terakhir kali dimainkan.

SMPlayer

Masih ada lagi multimedia player yang juga sangat bagus dipakai, yaitu SMPlayer yang dapat diunduh pada situs resminya smplayer.sourceforge.net. Perangkat ini merupakan suatu player front end yang beberapa waktu lalu sukses meraih penghargaan khusus dalam ajang MPlayer.

Tampilannya terlihat unik sekaligus indah karena semua tombolnya diberi warna-warna yang meriah dan mencolok. Tidak beda jauh dengan perangkat sejenis lainnya SMPlayer juga sudah dilengkapi dengan mode compact, yang menjadikan aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui semua jenis menu di explorer.

Hampir mirip dengan Pot Player, SMPlayer juga bisa menyimpan data yang baru saja dibuka atau dimainkan setelah aplikasi ini ditutup. Jadi pemakai dapat memainkannya lagi jika masih tertarik untuk menikmatinya tanpa harus membuka file-nya lebih dulu.

SMPlayer juga mempunyai sistem pencarian subtitle video atau film yang ingin dilihat, tapi harus disambung dengan jaringan dan koneksi internet. Selain itu, tersedia pula alat lain untuk memilih output pada driver video yang berfungsi sebagai pengganti pemakaian CPU maupun render video itu sendiri agar kualitasnya lebih bagus.

Kemudian untuk penggemar karaoke, ada fitur khusus untuk menghilangkan suara pada audio sehingga yang keluar hanya suara iringan musiknya saja. Fitur lain yang juga sangat menarik adalah fitur yang dapat digunakan untuk berselancar di Youtube dan menyaksikannya melalui sistem streaming.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak multimedia player lain, seperti GOM Player, Jet Audio Basic, Splayer, Umplayer, dan sebagainya. Masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangan sendiri-sendiri. Namun yang lebih penting adalah semua aplikasi ini bisa didapat secara gratis dengan cara mengunduhnya melalui situs resmi mereka.

 

Multimedia Player Gratis Terbaik yang Bisa Memanjakan

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.