Penyebab Kebakaran Hutan dan Dampaknya di Indonesia

Kebakaran Hutan di Indonesia

Pernahkah Anda membaca sebuah artikel kebakaran hutan? Jika ya, berarti Anda termasuk orang yang peduli atau setidaknya ingin tahu perihal salah satu penyebab pemanasan global yang sedang ramai dibicarakan. Berbagai isu luas yang beredar di masyarakat mengenai global warming cukup menyita perhatian berbagai pihak. Mereka yang awalnya tidak peduli ramai-ramai berorasi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Kebakaran Hutan di Indonesia

Isu yang berkembang menyatakan bahwa salah satu penyebab utama global warming adalah terabaikannya lingkungan yang sedari dulu sudah dirasakan manfaatnya oleh umat manusia. Penyebab yang lain tentu saja berkenaan dengan pemakaian berlebihan terhadap berbagai fasilitas yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam, seperti pemakaian air dan listrik.

Lingkungan yang terabaikan tersebut meliputi hilangnya sebagian besar dataran hijau di muka bumi. Pohon-pohon yang merupakan sumber oksigen bagi kehidupan manusia, perlahan seperti sudah menjadi barang yang langka keberadaannya. Pohon-pohon itu sebagian besar musnah karena penebangan liar serta kebakaran hutan.

Indonesia adalah salah satu negara yang tepat dilintasi garis khatulistiwa. Keuntungan yang dimiliki Indonesia dibanding negara lain atas hal itu adalah mendapat pencahayaan matahari yang cukup baik. Secara tidak langsung, pencahayaan tersebut membuat tanah-tanah di seluruh penjuru Indonesia menjadi subur dan dapat ditanami oleh sebagian besar pepohonan.

Rekomendasi Ngalih.id:  3 Macam Jenis Piramida Ekologi

Sayangnya, kini hutan-hutan di Indonesia yang terkenal akan berbagai macam pepohonan tropis mulai terkikis.  Ketidakpedulian manusialah yang menjadi penyebab hal itu. Banyak di antara mereka yang menebang kayu di hutan lindung serta membakar hutan untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Hal-hal seperti itu hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah yang menunggu penyelesaian dari kita semua.

Beredarnya artikel kebakaran hutan di masyarakat dirasakan membawa manfaat. Masyarakat yang semula tidak terlalu paham mengenai penyebab pasti kebakaran hutan serta penanggulangan kebakaran hutan, perlahan menjadi lebih paham dan mengerti. Jika sudah demikian, tugas para ahli lingkungan sedikit lebih ringan.

Penyebab Kebakaran Hutan di Indonesia

Kebakaran hutan di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh “kerajinan” para penduduk yang akan membuka lahan bagi pertanian atau ladang mereka. Tanah hutan hasil pembakaran sudah dipercaya sejak dulu bagus untuk menanami tumbuhan karena batang-batang pohon hasil pembakaran sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai pupuk.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian dan Jenis-Jenis Hutan

Penyebab lain kebakaran hutan yang sering tertulis di berbagai artikel adalah musim kemarau Indonesia yang beberapa tahun belakangan menjadi lebih panjang dari jadwal biasanya. Akibat musim kemarau yang panjang, pohon-pohon menjadi kering. Bila suatu saat ada petir yang menyambar pada pepohonan kering, petir tersebut bisa membakar dan menghanguskannya.

Kelalaian manusia lagi-lagi bisa menyebabkan kebakaran hutan. Kali ini, berbicara mengenai ketidaksengajaan. Para lelaki perokok, khususnya yang gemar mendaki gunung, terkadang tanpa sadar telah membuang puntung rokok yang ternyata masih menyala. Puntung kecil itulah yang kemudian bisa menyebabkan kebakaran yang besar.

Dampak Kebakaran Hutan

Jika sudah demikian, kebakaran hutan bisa membawa dampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Khusus untuk masyarakat yang tinggal di sekitar daerah hutan yang terbakar, mereka akan menghirup asap dari ribuan kayu yang terbakar. Jika terus-menerus, asap tersebut bisa membahayakan kesehatan.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Ekologi Hutan dan Kaitannya dengan Ilmu Lain

Berbagai kegiatan ekonomi pun secara tidak langsung akan terganggu. Masyarakat yang seharusnya berkegiatan, mendadak meliburkan segala aktivitas perekonomiannya. Mereka akan lebih memilih berdiam diri di rumah untuk menghindari ancaman penyakit saluran pernafasan yang berbahaya.

Kebakaran hutan bukan hanya berdampak buruk bagi manusia. Hewan yang sebagian besar menjadikan hutan sebagai habitatnya secara langsung juga akan mengalami dampak mengerikan tersebut. Kemungkinan hewan-hewan tersebut mati terbakar juga terbilang cukup besar. Hal ini berakibat pada musnahnya beberapa hewan langka yang hanya akan ditemui di hutan-hutan liar.

Penanggulangan Kebakaran Hutan

Sudah merupakan hal wajar jika kini kita banyak menemukan berbagai kampanye yang menyuarakan pentingnya memelihara lingkungan. Berbagai lembaga sosial di seluruh Indonesia kini sibuk melakukan aksi penanaman ratusan ribu, bahkan jutaan pohon, di daerah yang sudah telanjur gundul. Kegiatan tersebut tidak lain bertujuan untuk memperbaharui hutan, pepohonan dan menyehatkan kembali paru-paru dunia.

 

Penyebab Kebakaran Hutan dan Dampaknya di Indonesia

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *