Mengenal Pengertian Homepage Website

Homepage Website

Pengertian homepage adalah halaman muka dari suatu website. Ibarat rumah, homepage tidak lain adalah teras atau beranda rumah. Oleh karena itu, homepage umumnya menjadi kesan pertama yang dirasakan para tamu, yang tidak lain mereka adalah para pengunjung website tersebut.

Bagi kita yang suka berselancar di dunia maya, tentu istilah homepage bukan hal baru. Namun demikian, meskipun istilah tersebut begitu familiar tidak semua peselancar dunia maya mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud homepage itu. Pada kenyataannya, masih ada di antara kita yang menganggap homepage sama dengan website. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Bagaimana, apakah kita termasuk yang belum memahami pengertian homepage adalah? Jika benar, mari terus cermati uraian berikut ini.

Homepage Website

Sebuah homepage dengan desain menarik dan konten yang menarik pula, bisa dipastikan akan membuat pengunjung website merasa berkesan dan tidak menutup kemungkinan ia ingin mampir kembali ke website tadi. Itulah sebabnya, keberadaan homepage menjadi perhatian penting bagi sebagian besar pemilik website. Mereka pun rela merogoh kantong lebih untuk menggaji desainer homepage agar penampilan homepage-nya mampu mencuri perhatian pengunjung website sehingga mampu meraih peringkat teratas pada mesin pencari.

Hanya saja jika kita fokus pada desain dan penampilan homepage saja, hal tersebut belum cukup menjadi daya tarik utama bagi pengunjung website maupun mesin pencari sekaliber Google. Sebab desain dan penampilan homepage hanyalah salah satu faktor saja yang menjadi pertimbangan pengunjung website maupun mesin pencari. Selebihnya, ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya dengan hal tersebut. Dan itu tidak lain adalah konten homepage.

Rekomendasi Ngalih.id:  Kemajuan Teknologi Internet dan Manfaatnya

Apakah konten homepage sudah memenuhi kaidah dari homepage itu sendiri? Selain itu, kontennya pun harus dipastikan orisinal, penuh daya tarik, memberikan banyak manfaat, unik, dan tentunya harus sering di up date. Jika kesemua faktor tadi bisa terpenuhi, besar kemungkinan pengunjung web akan jatuh cinta begitu melihat homepage kita.

Selebihnya, mereka akan menjadikan homepage tersebut sebagai salah satu favoritnya sehingga suatu saat mereka akan kembali mampir ke homepage tadi. Dengan demikian, peluang homepage tersebut diindeks mesin pencari kian terbuka lebar.

Homepage Berbeda dengan Website

Sepintas antara homepage dan website seakan sama. Keduanya memang serupa namun sejatinya memiliki perbedaan. Jika pengertian homepage adalah diibaratkan teras atau beranda rumah, maka website sejatinya adalah rumah itu sendiri. Dengan kata lain, website sejatinya adalah kumpulan dari sejumlah halaman web lengkap dengan file-file yang ada di dalamnya, misalnya video, audio, serta file-file digital lainnya.

Untuk membuka website atau situs web di internet biasanya kita ketikkan www di browser lalu diikuti dengan nama domain (nama situs web)-nya. Dengan demikian, sebuah situs web sejatinya merupakan kumpulan halaman web yang terangkum dalam satu domain. Setiap halaman web ini dapat diakses dengan menggunakan Uniform Reseource Locator (URL) atau yang familiar disebut homepage. URL ini mengatur kumpulan halaman web ke dalam bentuk hirarki berdasarkan suatu standar.

Rekomendasi Ngalih.id:  Pengertian Hacker dan Ruang Lingkupnya

URL akan terbuka dengan sendirinya saat ketika kita mengetikkan sebuah nama website pada browser. URL atau homepage dapat digunakan pada websites pribadi, organisasi, perusahaan, kelompok, dan lain-lain. Di sejumlah negara maju seperti Jepang, Korea, Amerika, istilah homepage digunakan untuk sebuah website yang lengkap dari sebuah organisasi, perusahaan, dan kelompok lainnya.

Pada perkembangannya sekarang, homepage digunakan sebagai halaman awal dari sebuah website yang berfungsi untuk menyampaikan sepenggal informasi lalu menghubungkannya dengan link yang menampilkan informasi secara utuh. Dengan adanya homepage ini, maka pengunjung website dapat mengetahui alamat atau sumber informasi berupa audio, video, maupun file-file digital lainnya yang berada di dunia maya.

Jika kita sudah mengetahui perbedaan homepage dengan website, pertanyaan selanjutnya kaidah apa saja yang perlu kita perhatikan untuk membedakan homepage dengan website?

Agar keberadaan homepage bisa berjalan sebagaimana fungsinya, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terkait dengan fungsi homepage itu sendiri. Di antaranya adalah berikut ini.

Rekomendasi Ngalih.id:  Bentuk dan Macam-Macam Kamera Berdasarkan Kemajuan Teknologi

1. Perlu diketahui bahwa homepage bukanlah tempat untuk menjelaskan isi dari sebuah website secara detil. Homepage juga bukanlah tempat untuk mencantumkan daftar isi. Homepage masih memungkinkan digunakan untuk mencantumkan daftar isi sebuah website jika daftar isinya hanya sedikit, misalnya saja dua. Namun coba bayangkan, jika daftar isi tersebut ternyata ada puluhan, pastilah tampilan homepage kita akan penuh sesak dengan daftar isi. Dan ini sungguh tidak menarik bagi pengunjung website. Mereka akan merasa bosan dengan tampilan tersebut. Sebagai alternatif, kita bisa menampilkan sitemap (peta situs) pada homepage kita atau mengelompokkan file-file ke dalam kategori lalu mencantumkan link ke isi lengkap dari file-file itu.

2. Homepage juga tidak digunakan untuk menuliskan secara lengkap suatu file utuh, melainkan hanya sebagian file sebagai pembuka lalu isi lengkap file tersebut bisa dibuka pada link yang dicantumkan pada homepage tadi.

3. Homepage ibarat teras atau beranda rumah. Ia hanya menyajikan penampilan rumah dari bagian depan saja. Atau dengan kata lain, homepage adalah sebuah display atau etalase.

Itulah sejumlah kaidah yang harus diperhatikan saat membuat homepage.

Demikian uraian mengenai pengertian homepage, sehingga tidak ada lagi yang bertanya pengertian homepage adalah. Semoga bermanfaat!

 

Mengenal Pengertian Homepage Website

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *