Tak Harus Selalu Ke Bengkel, Ini Cara Merawat Mobil Sendiri

Cara Merawat Mobil

Agar mobil selalu dalam kondisi optimal, selain melakukan service berkala di bengkel, kamu juga bisa mempelajari cara merawat mobil sendiri di rumah, lho!

Salah satu keuntungan saat kamu rajin merawat mobil sendiri di rumah adalah kamu bisa menghemat biaya service.

Selain itu, merawat mobil secara teratur juga bisa membuat mesin mobil lebih awet dan terjaga. Beberapa cara praktis merawat mobil di rumah ini, bisa dilakukan oleh semua orang untuk mengisi hari libur dengan kegiatan yang bermanfaat.

Kamu bisa mulai dengan cara-cara sederhana seperti menjaga kebersihan mobil dan mengenal bagian-bagian mobil yang bisa dirawat sendiri.

Jangan lupa membeli asuransi mobil yang bisa mengurangi beban finansial akibat biaya perbaikan dan perawatan mobil yang tidak murah.

Kenali keuntungan dan tips sederhana untuk merawat mobil dengan cara mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu repot-repot pergi ke bengkel.

5 Cara Praktis Merawat Mobil Sendiri

Bagi kamu yang tidak ada waktu pergi ke bengkel, berikut ini cara merawat mobil sendiri yang bisa kamu ikuti, ya.

1. Memanaskan mesin secara teratur

Mesin mobil terdiri dari banyak komponen yang harus terpelihara dengan baik. Agar kondisi mobil selalu optimal kamu perlu memanaskan mesin mobil secara teratur.

Apabila mobil tidak dipakai selama beberapa hari, kamu masih perlu memanaskan mesin mobil setidaknya satu kali dalam rentang waktu tertentu.

Mesin mobil yang terjaga dengan baik akan membuat mobil lebih nyaman dikendarai dan juga tidak menyebabkan masalah-masalah medioker seperti sering mogok dan lain sebagainya.

2. Menjaga kebersihan mobil secara menyeluruh

Mobil yang bersih dan terjaga adalah kunci penting agar kondisi mobil tetap prima saat dikendarai. Saat melakukan perawatan mobil di rumah, hal sederhana yang paling mudah dilakukan adalah membersihkan mobil secara menyeluruh.

Perhatikan setiap sudut eksterior mobil dan bersihkan dengan baik, jangan lupa pastikan juga kebersihan area dalam mobil dengan memakai vacuum cleaner secara rutin. Kamu bisa menggunakan parfum khusus mobil agar kondisi mobil selalu dalam keadaan wangi dan bersih.

3. Memperhatikan kondisi ban

Ban merupakan salah satu komponen mobil yang sangat berperan penting saat mobil dikendarai. Dari hal tersebut untuk kenyamanan berkendara, pemilik mobil perlu memperhatikan kondisi ban terutama bagian fisiknya untuk menjaga stabilitas kendaraan.

Pastikan kondisi karet ban selalu dalam keadaan prima sehingga mengurangi potensi mobil tergelincir. Selain itu, kamu perlu memeriksa tekanan udara sudah sesuai dengan standar agar mobil bisa melaju sempurna tanpa takut slip atau tergelincir.

4. Memastikan bahan bakar pas sesuai kapasitas

Cara merawat mobil yang paling sederhana adalah dengan memastikan bahwa bahan bakar cukup sesuai kapasitasnya. Setidaknya, kamu perlu mengisi setengah dari kapasitas maksimal tangki bahan bakar mobil.

Walaupun cara ini tampak sepele, namun memastikan bahan bakar cukup sangat bermanfaat agar setiap kali akan berkendara kamu sudah tidak perlu lagi memakan waktu mengisi bahan bakar.

5. Memastikan keadaan bawah mobil

Saat melakukan perawatan mobil, kamu mungkin akan lebih fokus pada bagian mobil yang terlihat jelas saja, kemudian menyepelekan area bawah mobil yang ternyata juga butuh perhatian lebih.

Saat merawat kondisi mobil, kamu perlu mengamati bagian bawah mesin mobil, pastikan tidak ada tetesan seperti minyak rem, air radiator, dan cairan lainnya yang mungkin bisa menimbulkan masalah pada mesin mobil.

Keuntungan Merawat Mobil Sendiri

Adanya kesadaran untuk merawat mobil sendiri secara tidak langsung akan memberikan banyak keuntungan untuk pemilik mobil.

Di antaranya, kamu bisa lebih hemat dalam segi pembiayaan perawatan, fleksibel dalam menentukan jadwal, dan bisa memilih suku cadang terbaik untuk mobil kamu sendiri.

1. Hemat dalam hal biaya perawatan

Saat kamu rajin untuk merawat mobil sendiri, keuntungan yang paling terlihat adalah kamu bisa lebih menghemat biaya perawatan. Dengan melakukan perawatan rutin pada mobil, kamu akan menyadari bagian mana saja yang perlu mendapat perhatian besar.

Apabila terjadi permasalahan pada mobil, kamu pasti akan mengetahui sebelum kondisinya memburuk, sehingga bisa diperbaiki dengan cara-cara sederhana.

Begitu pula jika perbaikannya harus dilakukan di bengkel, tentu biayanya akan lebih murah karena masalah pada mobil sudah diketahui lebih dini sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Bisa merawat mobil saat waktu luang

Keuntungan lainnya saat kamu sudah rutin menerapkan cara merawat mobil sendiri adalah kamu tidak perlu lagi kebingungan mencari waktu untuk pergi ke bengkel sekedar untuk melakukan perawatan mobil yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri.

Yang perlu dilakukan adalah membuat jadwal pribadi untuk merawat mobil sendiri ketika kamu memiliki waktu libur.

Aktivitas merawat mobil sendiri ini bisa menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang saat libur bekerja misalnya pada akhir pekan di hari sabtu atau minggu.

3. Bisa menggunakan produk terbaik

Pada dasarnya, saat kamu melakukan perawatan mobil di bengkel kamu akan diarahkan menggunakan produk yang disediakan oleh pihak bengkel yang kualitas dan harganya terkadang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan saat kamu sudah mengetahui cara merawat mobil sendiri adalah kamu bisa leluasa menentukan produk-produk terbaik yang akan kamu gunakan pada mobil pribadi.

Setelah mengetahui cara merawat mobil sederhana dengan melakukan tips-tips yang disampaikan di atas. Kamu juga membutuhkan perlindungan finansial seperti asuransi mobil atas risiko kerugian yang mungkin akan kamu alami.

Asuransi mobil Simas Insurtech bisa menjadi jawaban saat kamu ingin mencari asuransi mobil yang bisa memberikan jaminan perlindungan dari kerugian. Asuransi ini menawarkan jaminan kerugian dari resiko kecelakaan, kerusakan, dan kemungkinan pencurian.

 

Tak Harus Selalu Ke Bengkel, Ini Cara Merawat Mobil Sendiri

You May Also Like

About the Author: Ziuma

Cuma Ingin Berbagi Informasi dan Pengetahuan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.